The Effect of Assignment Methods in Online Learning on Mathematics Learning Outcomes During the Covid-19 Pandemic
Pandemi covid-19 memberikan dampak yang cukup besar terhadap beberapa aspek dalam kehidupan di dunia termasuk negara Indonesia, salah satu aspek yang terdampak adalah pendidikan. Pendidikan di Indonesia sebelum adanya pandemi covid-19 dalam proses pembelajarannya dilaksanakan secara tatap muka dimana pendidik dan peserta didik dapat berinteraksi secara langsung, namun saat ini proses pembelajaran harus disesuaikan agar tingkat korban akibat pandemi dapat ditekan. Alternatif yang diterapkan dalam proses pembelajaran saat ini adalah pembelajaran jarah jauh atau daring learning. Penerapan daring learning dilaksanakan dengan memanfaatkan aplikasi yang terdapat pada perangkat lunak guna mencapai tujuan pembelajaran dalam hal penelitian ini dapat dilihat dari hasil belajar matematika. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada atau tidaknya pengaruh metode pemberian tugas dalam daring learning terhadap hasil belajar matematika pada masa pandemi covid-19. Penelitian ini termasuk dalam jenis penelitian kuantitatif. Subjek dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas IVA dan IVB di SDN Geluran 1 yang berjumlah 64. Metode pengumpulan data yang digunakan yaitu angket dan dokumentasi. Hasil perhitungan uji t menunjukan besar nilai t hitung adalah 0,867. Hasil tersebut menunjukkan t hitung > 0,05 sehingga dapat disimpulkan bahwa metode pemberian tugas dalam daring learning tidak berpengaruh secara signifikan terhadap hasil belajar matematika.
Kata Kunci: Pandemi Covid-19, Pemberian Tugas dalam Daring Learning, Hasil Belajar Matematika
The Covid-19 pandemic has had a considerable impact on several aspects of life in the world including Indonesia, one of the aspects affected is education. Education in Indonesia before the Covid-19 pandemic in the learning process was carried out face-to-face where educators and students could interact directly, but currently the learning process must be adjusted so that the level of victims due to the pandemic can be suppressed. The alternative way that is applied in the learning process nowadays is remote learning or online learning. The application of online learning is carried out by utilizing applications contained in the software to achieve learning objectives in this case this research can be seen from the results of learning mathematics. This study aims to determine whether or not the online learning assignment method has an effect on mathematics learning outcomes during the Covid-19 pandemic. The type of this research is quantitative. The subjects in this study were 64 grade IVA and IVB students at SDN Geluran 1, totaling 64. The data collection methods used were questionnaires and documentation. The results of the t test calculation show the value of t count is 0.867. These results indicate t count> 0.05, so it can be concluded that the method of assigning online learning does not have a significant effect on mathematics learning outcomes..
Keywords: Covid-19 Pandemic, Online Learning Assignment Method, Mathematics Learning Outcomes