Perancangan Tampilan Antarmuka Fitur Gamifikasi Pada Aplikasi Mobile Campaign #ForChange
Interface Design Of Gamification Features In The Mobile Application Campaign #ForChange
Media sosial menjadi salah satu aplikasi yang memiliki daya tarik bagi user karena beragam fiturnya yang menarik. User dapat menyuarakan pendapat atau membuat kampanye mereka hanya dengan melalui aplikasi, sehingga mampu mendapatkan atensi yang besar bagi user lainnya. Sama halnya seperti aplikasi Campaign yang menyediakan wadah bagi para organisasi, komunitas, perusahaan maupun individu dalam melaksanakan kampanye untuk menciptakan perubahan sosial berkelanjutan. Namun beberapa user Campaign app merasa demotivasi sehingga mengakibatkan tidak terselesaikannya aksi dalam challenge, sehingga perlu adanya inovasi fitur yang dapat meningkatkan motivasi serta penggunaan app. Perancangan tampilan antarmuka fitur gamifikasi pada aplikasi Campaign menjadi salah satu bentuk solusi ide dalam meningkatkan motivasi user. Proses penelitian menggunakan metode deskriptif kualitatif dan metode perancangan design thinking. Proses visualisai dalam design thinking melibatkan beberapa tahapan seperti analisis data, perancangan desain, validasi ahli materi dan ahli media, serta usability testing. Hasil validasi oleh para ahli dan pengujian terhadap pengguna menunjukkan hasil yang layak dengan nilai rata – rata 94,5% dan 68,75%.
Kata Kunci : Gamifikasi, User Interface, Aksi Sosial
Social media is an application that attracts users through its various interesting features. It allows users to voice theri opinions or create campaigns directly within the apllication, generating engangement from other user. Similarly, Campaign app provides a platform for organizations, communities, companies, and individuals to carry out campaigns aimed at creating sustainable social change. However, some Campaign app users experience demotivation, resulting in incomplete challenge actions. Therefore, an innovative feature is needed to increasse user motivation and encourage app usage. The design of a gamification feature interface on the Campaign app is one proposed solution to enhance user motivation. The research process employs a qualitative descriptive method alonside a design thinking approach. The visualization process in design thinking invollves several stages, such as data analysis, design, validation by subject matter experts and media experts, and usability testing. Validation results from experts and user testing showed promising outcomes, with an average score of 94,5% and 68,75%.
Keywords : Gamification, Iuser Interface, Social Action