Penggunaan Video YouTube di Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) Guru Bahasa Inggris
The Use of YouTube Videos in English Teachers' Lesson Plans
Di zaman yang modern ini, teknologi diperlukan dalam segala aspek kehidupan, tidak terkecuali pada dunia Pendidikan. Pendidik mulai menggunakan teknologi internet untuk kegiatan belajar mengajar seperti aplikasi YouTube. Aplikasi YouTube adalah platform yang mengizinkan pengguna mengunggah, membagikan, melakukan siaran langsung dan menonton video. Pendidik menggunakan video YouTube dalam RPP (Rencana Pelaksanaan Pembelajaran) mereka. Namun pendidik terkadang tidak sadar bahwa pemilihan jenis video tidak sesuai dengan tujuan pembelajaran yang ada dalam RPP. Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui jenis video apa yang digunakan oleh guru Bahasa Inggris dan bagaimana kesesuaian atau ke-valid-an isi video yang dipilih dengan tujuan pembelajaran. Video dapat disebut valid jika pemilihan video memperhatikan empat aspek, yaitu kesesuaian judul video dengan tujuan pembelajaran; kesesuaian isi video dengan tujuan pembelajaran; kesesuaian isi video dengan jenis teks; dan kesesuaian isi video dengan aktivitas belajar-mengajar. Penelitian ini ditujukan terhadap tiga orang guru Bahasa Inggris SMP di Surabaya yang mengisi kuesioner. Dari tiga orang guru ini, didapatkan 11 RPP yang dapat dianalisis menggunakan analisis data kualitatif. Secara spesifik, penelitian ini menggunakan metode studi kasus. Berdasarkan jawaban kuesioner, diketahui bahwa ketiga guru ini sering menggunakan video pembelajaran, video music, dan video animasi. Sedangkan dalam lesson plan diketahui bahwa mereka menggunakan jenis video pengajaran, video eksplanasi dalam bentuk powerpoint disertai dengan suara, dan video pembelajaran animasi disertai dengan suara dan aktivitas siswa. Selain itu, dari 11 RPP, 3 RPP yang kurang valid dan 8 RPP yang valid. Dapat disimpulkan bahwa video YouTube yang digunakan oleh guru dalam RPP mereka sebagian besar valid.
In this modern era, technology is needed in all aspects of life, including the world of education. Educators began to use internet technology for teaching and learning activities such as the YouTube application. The YouTube app is a platform that allows users to upload, share, live stream and watch videos. Educators may use YouTube videos in their lesson plans. However, educators are sometimes unaware that the selection of video is not in accordance with the learning objectives. This study was conducted to find out what types of videos are used by English teachers and how the suitability or validity between the video's content with learning objectives. A video was valid if the video selection beholds to four aspects, namely the suitability of the video title with the learning objectives, the suitability of video content with learning objectives, the suitability of the video content with the type of text, and the suitability of video content with teaching and learning activities. This study was participated by three junior high school English teachers in Surabaya who filled out a questionnaire. From these three teachers, 11 lesson plans were obtained which can be analyzed using qualitative data analysis, i.e., the case study method. It was found that these three teachers often use learning videos, music videos, and animation videos in their lesson plans. The kinds of YouTube videos include instructional videos, explanation videos in the form of power points accompanied by speaker’s voice, and animated learning videos accompanied by voices and student activities videos. Moreover, from 11 lesson plans, 3 lesson plans were somewhat valid and 8 lesson plans were valid. It can be concluded that the YouTube videos used by the teachers in their lesson plans are mostly valid.