ABSTRAK
Pengaruh Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing dengan Metode Pictorial Riddle terhadap Hasil Belajar Siswa pada Materi Hukum Archimedes
Nama : Andri Haris Setiawan
NIM : 15030184088
Program Studi : S1 Pendidikan Fisika
Jurusan : Fisika
Fakultas : Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam
Nama Lembaga : Universitas Negeri Surabaya
Pembimbing : Drs. Imam Sucahyo, M.Si
Penelitian ini mempunyai beberapa tujuan, yaitu mendiskripsikan 1) keterlaksanaan pembelajaran, 2) hasil belajar siswa setelah diberi pembelajaran inkuiri terbimbing dengan metode Pictorial riddle, 3) Perbedaan hasil belajar siswa ketika diberikan metode Pictorial riddle dibandingkan tanpa Pictorial riddle, serta 4) respon siswa setelah diberikan pembelajaran inkuiri terbimbing menggunakan metode Pictorial riddle pada materi Hukum Archimedes. Desain penelitian ini adalah Non-equivalent Control Group Design dengan jenis penelitian quasi eksperimental design. Teknik pengumpulan data menggunakan metode observasi, tes, dan angket. Data dianalisis secara kuntitatif menggunakan metode uji T dan Uji gain. Hasil menunjukkan bahwa: 1) kegiatan pembelajaran yang menerapkan model inkuiri terbimbing menggunakan metode Pictorial riddle pada materi Hukum Archimedes terlaksana dengan baik, 2) hasil belajar pada kelas eksperimen (XI MIPA 1) yang diberikan metode Pictorial riddle mengalami peningkatan yang signifikan dan mendapatkan nilai n-gain pada intrepetasi sedang dengan skor 0,66, 3) Terdapat perbedaan hasil belajar yang signifikan pada kelas eksperimen (XI MIPA 1) yang diberikan metode pictorial riddle dibandingkan dengan kelas kontrol (XI MIPA 3) yang tidak diberikan pembelajaran dengan metode pictorial riddle .Nilai n-gain kelas eksperimen lebih besar daripada kelas kontrol yang yaitu masing-masing mendapat nilai 0,66 dan 0,60, 4) respon siswa terhadap pembelajaran inkuiri terbimbing dengan metode pictorial riddle pada materi Hukum Archimedes sangat baik dan positif. Hasil Penelitian menunjukan bahwa metode pembelajaran pictorial riddle dapat meningkatkan hasil belajar siswa
Kata kunci: Inkuiri Terbimbing, Pictorial Riddle.
ABSTRACT
The Implementation of Guided Inquiry Learning Type Pictorial Riddle to learning outcomes of Student in Archimedes Law
Name : Andri Haris Setiawan
Courses : S1 Education of Physics
Departement : Physics
Faculty : Math and Science
Institution : State University of Surabaya
Supervisor : Drs. Imam Sucahyo, M.Si
This research has several objectives, which is to describe 1) the implementation of learning, 2) student learning outcomes after being given guided inquiry learning with the Pictorial Riddle method, 3) Differences in student learning outcomes when given the Pictorial Riddle method compared without Pictorial Riddle, and 4) Student responses after given guided inquiry learning using the Pictorial Riddle method on Archimedes Law material. The design of this study is Non-equivalent Control Group Design with a quasi-experimental research design. Data collection techniques using the method of observation, tests, and questionnaires. Data were analyzed quantitatively. The results show that: 1) learning activities that use guided inquiry models using the Pictorial riddle method on Archimedes Law material are well implemented, 2) learning outcomes in the experimental class (XI MIPA 1) given the Pictorial Riddle method have experienced a significant increase and get n scores -gain on moderate interpretation with a score of 0.66, 3) There are significant differences in learning outcomes in the experimental class (XI MIPA 1) given the pictorial riddle method compared to the control class (XI MIPA 3) which was not given learning with the pictorial riddle method. The n-gain value of the experimental class is greater than the control class, each of which scores 0.66 and 0.60, 4) the students' responses to guided inquiry learning with the pictorial riddle method on Archimedes's Law material are very good and positive. Research results show that pictorial riddle learning methods can improve student learning outcomes
Keyword: Gided Inquiry, Pictorial Riddle