Pengaruh Pembelajaran Daring Terhadap Kompetensi Sosial Guru PAUD
The Effect Of Online Learning In Early Childhood On The Social Competence Of PAUD Teachers
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pembelajaran secara Daring (Dalam Jaringan) pada Anak Usia Dini terhadap kompetensi sosial guru PAUD. Metode penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan jenis penelitian survei. Subjek penelitian ini adalah guru taman kanak-kanak. Populasi dalam penelitian ini adalah guru TK kelurahan Surodinawan Kota Mojokerto yang berjumlah 729 orang. Pengambilan sampel menggunakan teknik rumus random sampling, menggunakan metode slovin sehingga ditemukan hasil 88 sample. Teknik pengumpulan data melalui kuisioner berupa link berupa google form. Analisis data dalam penelitian survei ini menggunakan teknik persentase dan tabulasi silang. iAdapun iberdasarkan ipengujian ihipotesis, idiperoleh inilai it-hitung isebesar i2,163 idan it-tabel isebesar i1,98827, iyang iberarti it-hitung i> it-tabel i(2,163 i> i1,98827) idengan isignifikasi i0,003 i< i0,05 isehingga iH1 iditerima idan iH0 iditolak. Dari uji regresi diperoleh nilai R Square 66,9% atau kuat. Dengan demikian pembelajaran Daring berpengaruh signifikan dan berhubungan kuat terhadap kompetensi sosial guru TK Kota Mojokerto.
Kata Kunci: Kompetensi Sosial Guru, Pembelajaran Daring, Pandemi Covid-19.
This study aims to determine the effect of online learning in early childhood on the social competence of PAUD teachers. This research method uses quantitative methods with the type of survey research. The subject of this research iis ia ikindergarten iteacher. iThe ipopulation iin ithis istudy iwere iKindergarten iteachers iin ithe iSurodinawan isub-district, iMojokerto iCity, iamounting ito i729 ipeople. iSampling iusing ia irandom isampling iformula itechnique, iusing ithe islovin imethod iso ithat ithe iresults iof i88 isamples iwere ifound. iThe itechnique iof icollecting idata iis ithrough ia iquestionnaire iin ithe iform iof ia ilink iin ithe iform iof ia igoogle iform. iData ianalysis iin ithis isurvey iresearch iuses ipercentage iand icross itabulation itechniques. iMeanwhile, ibased ion ihypothesis itesting, ithe it-count ivalue iis i2.163 iand ithe it-table iis i1.98827, iwhich imeans it-count i> it-table i(2.163 i> i1.98827) iwith ia isignificance iof i0.003 ii i< ii0.05, iso ithat iH1 iis iaccepted iand iiH0 irejected. iFrom ithe iregression itest, ithe ivalue iof iR iSquare iis i66.9% ior strong. Thus, online learning has a significant and strong relationship with the social competence of Mojokerto City Kindergarten teachers.
Keywords: Teacher Social Competence, Online Learning, Covid-19 Pandemic