Tujuan penelitian ini adalah untuk menghasilkan produk Booklet Perencanaan Karier yang memenuhi kriteria akseptabilitas produk yang meliputi kegunaan, kelayakan, ketepatan, dan kepatutan. Penelitian ini menggunakan prosedur penelitian dan pengembangan dari Sugiyono (2010) yang terdiri dari 10 tahapan namun peneliti hanya melakukan sampai pada tahap kelima karena keterbatasan waktu dan biaya yang dimiliki oleh peneliti. Kelima tahap tersebut terdiri dari: 1) Potensi dan Masalah, 2) Mengumpulkan Informasi, 3) Desain Produk, 4) Validasi Desain, dan 5) Perbaikan Desain. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan angket penilaian pada booklet perencanaan karier yang mencakup aspek akseptabilitas (kegunaan, kelayakan, ketepatan, kepatutan). Angket tersebut terdiri dari angket validasi ahli materi, angket validasi ahli media, dan angket validasi calon pengguna. Berdasarkan hasil validasi desain yang dilakukan melalui uji ahli materi diperoleh persentase penilaian akseptabilitas produk sebesar 82,9% dengan kriteria sangat baik sehingga tidak perlu direvisi, dari uji ahli media diperoleh persentase penilaian akseptabilitas produk sebesar 97,5% dengan kriteria sangat baik sehingga tidak perlu direvisi, dari uji calon pengguna (guru BK) diperoleh persentase penilaian akseptabilitas produk sebesar 96% dengan kriteria sangat baik sehingga tidak perlu direvisi, sedangkan dari uji calon pengguna (siswa) diperoleh persentase penilaian akseptabilitas produk sebesar 94,5% dengan kriteria sangat baik sehingga tidak perlu direvisi. Dari paparan tersebut dapat disimpulkan bahwa produk media booklet perencanaan karier telah memenuhi kriteria akseptabilitas yang meliputi kegunaan, kelayakan, ketepatan dan kepatutan.
Kata Kunci : Pengembangan, Media Booklet Perencanaan Karier
The goal of this research is to produce a career planning booklet product that meets the criteria of product acceptability that includes usability, feasibility, accuracy, and propriety. The study uses the research and development procedure of Sugiyono (2010) consisting of 10 stages but researcher only conducted it to the fifth stage due to the limited time and cost of the researcher. These five stages consist of: 1) Potential and Problems, 2) Gathering Information, 3) Product Design, 4) Design Validation, 5) Design Revisions. The data is collected using questionnaire on a career planning booklet including acceptability aspect (usability, feasibility, accuracy, and propriety). The questionnaire consists of material expert validation questionnaire, media expert validation questionnaire, prospective user validation questionnaire. Based on the results of design validation conducted through expert test of material obtained percentage of product acceptability assessment of 82.9% with excellent criteria which is not to be revised, from the media experts test obtained percentage assessment product acceptability of 97.5% with excellent criteria so not to be revised, from the test of prospective users (guidance and counseling teachers) obtained the percentage of product acceptability assessment by 96% with excellent criteria so it is not to be revised as well, whereas from the test of prospective users (students) obtained a percentage of product acceptability assessment of 94.5% with excellent criteria so that it does not need to be revised anyway. From the exposure it can be concluded that the career planning booklet media product has fulfilled acceptability criteria and is feasible to use.
Keywords : Development, Career Planning Booklet Media