Higher order thinking skills (HOTS) merupakan keterampilan berfikir tinggi yang meliputi berpikir kritis, logis, kreatif, reflektif, dan metakognitif. Dalam taksonomi Bloom, HOTS meliputi kemampuan menganalisis (C4), mengevaluasi (C5), dan menciptakan (C6). Semakin kompetitifnya dunia kerja, menuntut peserta didik untuk menguasai keterampilan abad 21. Salah satunya adalah berfikir kritis (HOTS). Berdasarkan data diperoleh bahwa keterampilan berfikir peserta didik di MAN Sidoarjo masih rendah. Penelitian ini dilakukan dengan menerapkan model problem based learning (PBL) dengan strategi gallery walk. Penelitian ini bertujuan untuk (i) mendeskripsikan keterlaksanaan pembelajaran, (ii) peningkatan HOTS dan (iii) respon peserta didik terhadap model dan strategi pembelajaran yang digunakan. Metode penelitian yang digunakan adalah pre-experimental design dengan teknik purposive sampling. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (i) pembelajaran yang dilakukan terlaksana dengan sangat baik, (ii) peningkatan HOTS peserta didik dalam kategori sedang dan (iii) peserta didik menunjukkan respon yang baik terhadap pembelajaran yang dilakukan. Peningkatan HOTS peserta didik terjadi pada seluruh indikator HOTS.
Kata Kunci : Gallery walk, high order thinking skills
Higher order thinking skills (HOTS) is high thinking skills that include critical thinking, logical, creative, reflective, and metacognitive. In Bloom's taxonomy, HOTS includes the ability to analyze (C4), evaluate (C5), and create (C6). In recent decades, the corporate world becomes more competitive, students require to have 21st century skills. One of them is critical thinking (HOTS). Based on the data, the thinking skills of students in MAN Sidoarjo is low. In this research, problem based learning (PBL) is applied with gallery walk strategy. This research aims to (i) describe the implementation of the learning process, (ii) the enhancement of HOTS and (iii) the response of students to the learning model and strategy used. The research method uses pre-experimental design with purposive sampling technique. The results showed that (i) the learning is accomplished very well, (ii) the enhancement of HOTS in the medium category and (iii) the students show positive response to the applied learning. HOTS enhancements of students impacts to all HOTS indicators.
Keywords : Gallery walk, high order thinking skills