Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan media pembelajaran berbasis Delphi 7 pada mata pelajaran instalasi tenaga listrik di SMK Negeri 3 Surabaya. Jenis penelitian yang digunakan adalah Research and Development (R & D). Subjek penelitian adalah siswa SMK Negeri 3 Surabaya kelas XI TITL 2 yang berjumlah 30 siswa. Penelitian ini menggunakan 7 langkah yaitu: (1) tahap analisis masalah, (2) tahap pengumpulan data, (3) tahap desain produk, (4) tahap validasi, (5) tahap revisi desain, (6) tahap uji produk, dan (7) tahap analisis dan pelaporan. Desain penelitian yang digunakan adalah One-Group Pretest-Posttest Design. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media pembelajaran berbasis Delphi 7 yang layak untuk digunakan dinilai dari tiga aspek yaitu kevalidan, kepraktisan, dan keefektifan. Hasil penelitian untuk aspek kevalidan media pembelajaran berbasis Delphi 7 dengan hasil rating 87,02%, untuk aspek kepraktisan yaitu: (1) hasil respon siswa dengan hasil rating 86,85%, (2) hasil pengamatan respon siswa dengan hasil rating 95,25%, (3) hasil pengamatan aktivitas pembelajaran dengan hasil rating 97,66%. Sehingga rerata hasil belajar siswa dari tes evaluasi pada ranah kognitif didapatkan thitung> ttabel (32,34 >2,04) dengan signifikansi 0,00, pada ranah psikomotor didapatkan thitung= 15,743>ttabel= 2,04 dengan signifikansi 0,00. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa media pembelajaran yang dikembangkan layak untuk digunakan ditinjau dari 3 aspek yaitu aspek kevalidan, aspek kepraktisan, dan aspek keefektifan.
Kata Kunci: Delphi 7, Kelayakan Media Pembelajaran, Instalasi Tenaga Listrik.
In this study aims to produce learning media based on Delphi 7 on electric power installation subjects at SMK Negeri 3 Surabaya. The type of research used is Research The research subjects were students of SMK Negeri 3 Surabaya in class XI TITL 2, totaling 30 students. This study used 7 steps, and Development (R&D).that is: (1) the problem analysis stage, (2) the data collection stage, (3) the product design stage, (4) the validation stage, (5) the design revision stage, (6) the product test stage, and (7) the analysis and reporting stage. The research design used was One-Group Pretest-Posttest Design. This study aims to develop a learning media based on Delphi 7 that is feasible to use assessed from three aspects that is validity, practicality, and effectiveness.The results of the study for the validity aspects of Delphi 7-based learning media with a rating of 87.02%, for practical aspects,that is:(1) the results of student responses with a rating of 86.85%, (2) observations of student responses with a rating of 95.25%, (3) observations of learning activities with a rating of 97.66%.So that the average student learning outcomes from the evaluation test in the cognitive domain obtained tcount> ttable (32.34>2.04) with a significance of 0,00, in the psychomotor domain obtained tcount = 15.743>ttable = 2.04 with a significance of 0,00. Based on the results of the study it can be concluded that the learning media developed is feasible to be used in terms of 3 aspects, namely the validity aspect, practicality aspects, and effectiveness aspects.
Keywords: Delphi 7, The Feasibility of Learning Media, Electric Power Installation.