Pengaruh Efikasi Diri (Self-Efficacy) Terhadap Hasil Belajar Sejarah Siswa Kelas XI IPS MAN 1 Bojonegoro
THE EFFECT OF SELF-EFFICIENCY TOWARDS LEARNING OUTCOMES OF HISTORICAL STUDENTS IN CLASS XI IPS MAN 1 BOJONEGORO
Penelitian ini memiliki rumusan masalah untuk mengetahui adakah pengaruh efikasi diri terhadap hasil belajar sejarah siswa kelas XI IPS MAN 1 Bojonegoro. Sementara itu, tujuan dari pelaksanaan penelitian yakni : 1) Mengetahui pengaruh efikasi diri terhadap hasil belajar sejarah siswa kelas XI IPS MAN 1 Bojonegoro. Penelitian ini menggunakan metode eksperimen jenis one shot case study, dengan pengukuran menggunakan skala likert untuk efikasi diri dengan instrumen kuisioner, serta tes dan non-tes untuk variabel hasil belajar sejarah. Adapun hasil penelitian ini menunuukkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan antara efikasi diri dengan hasil belajar sejarah siswa. Hal ini dapat dilihat dari hasil uji uji korelasi Product Moment menunjukkan bahwa nilai korelasi koefisien dengan R hitung= 0,608, maknanya antara variabel X dan Variabel Y mempunyai korelasi positif yang termasuk pada kategori kuat. Kemudian persamaan regresi linier sederhana yakni Y = 53,276 + 0,673 dengan R square sebesar 0,370, artinya besar pengaruh efikasi diri terhadap hasil belajar sejarah siswa adalah 37%. Hasil uji regresi linier sederhana teresebut adalah jawaban dari rumusam masalah kedua. Hal tersebut menunjukkan bahwa hasil belajar siswa 37% diepengaruhi oleh efikasi diri, hal ini dikarenakan efikasi diri merupakan dasar individu dalam melaksanakan serangkaian aktivitas. Hasil belajar sejarah merupakan sesuatu yang kompleks mencangkup ranah afektif, kohnitif, dan psikomotorik. Untuk menunjang hasil belajar sejarah yang baik efikasi diri belum sepenuhnya cukup untuk mewujudkannya. Oleh karena itu, 63% hasil belajar sejarah siswa juga dipengaruhi oleh faktor lain yakni kemampuan menyimpan dan mengolah informasi, konsentrasi, sarana dan prasarana, serta peran guru.
Kata kunci : Efikasi diri, hasil belajar sejarah, pembelajaran sejarah
This study has a problem formulation to determine whether there is an effect of self-efficacy on the learning outcomes of history class XI IPS MAN 1 Bojonegoro students. Meanwhile, the objectives of the research are: 1) To find out the effect of self-efficacy on the learning outcomes of history class XI IPS MAN 1 Bojonegoro students. This study uses an experimental method of the type of one shot case study, with measurements using a Likert scale for self-efficacy with a questionnaire instrument, as well as tests and non-tests for historical learning outcomes variables. The results of this study indicate that there is a significant influence between self-efficacy and student history learning outcomes. This can be seen from the results of the Product Moment correlation test which shows that the correlation coefficient with r_count = 0.608, meaning that the X and Y variables have a positive correlation which is included in the strong category. Then the simple linear regression equation is Y = 53.276 + 0.673 with an R_Square of 0.370, meaning that the effect of self-efficacy on student history learning outcomes is 37%. The results of the simple linear regression test are the answers to the second problem formula. This shows that 37% student learning outcomes are influenced by self-efficacy, this is because self-efficacy is the basis of individuals in carrying out a series of activities. The results of learning history are complex, covering the affective, cognitive, and psychomotor domains. To support good history learning outcomes, self-efficacy is not fully sufficient to make it happen. Therefore, 63% of student history learning outcomes are also influenced by other factors, namely the ability to store and process information, concentration, facilities and infrastructure, and the role of the teacher.
Keywords: Self-efficacy, history learning outcomes, history learning