THE CORRELATION BETWEEN SELF-CONCEPT AND SOCIAL SUPPORT WITH LEARNING MOTIVATION IN GRADE X STUDENTS AT SMAN 2 LAMONGAN
Motivasi belajar adalah dorongan pada diri baik secara ekstrinsik maupun intrinsik. Aspek intrinsik yang berasal dari dalam diri individu adalah konsep diri, sedangkan dukungan sosial adalah salah satu aspek ekstrinsik yang berasal dari luar diri. Penelitian ini dilakukan menggunakan metode deskriptif kuantitatif dengan tujuan untuk menguji adanya hubungan antara konsep diri dan dukungan sosial dengan motivasi belajar pada peserta didik kelas X di SMAN 2 Lamongan menggunakan teknik simple random sampling. Teknik analisis data yang digunakan adalah korelasi pearson product moment dan korelasi berganda dan alat pengumpulan data berupa kuesioner. Pengujian analisis membuktikan bahwa seluruh hipotesis dapat diterima yaitu adanya hubungan positif yang kuat dan signifikan antara konsep diri dan dukungan sosial secara simultan dengan motivasi belajar dengan perolehan nilai R sebesar 0,773 dan nilai sig. sebesar 0,000. Ini berarti apabila individu memiliki konsep diri dan dukungan sosial yang tinggi maka ia akan memiliki motivasi belajar yang tinggi, begitu pula sebaliknya. Temuan ini menyoroti pentingnya konsep diri yang positif dan dukungan sosial dalam meningkatkan motivasi belajar pada peserta didik. Implikasi praktis dari penelitian ini adalah perlunya program-program yang mendukung pengembangan konsep diri yang positif dan penguatan jaringan dukungan sosial.
Kata kunci: hubungan, motivasi belajar, konsep diri, dukungan sosial
Learning motivation is a drive in oneself both extrinsically and intrinsically. The intrinsic aspect that comes from within the individual is self-concept, while social support is one of the extrinsic aspects that comes from outside the self. This study was conducted using a quantitative descriptive method with the aim of testing the correlation between self-concept and social support with learning motivation in grade X students at SMAN 2 Lamongan using a simple random sampling technique. The data analysis techniques used were Pearson product moment correlation and multiple correlation and data collection tools in the form of questionnaires. The analysis test proved that all hypotheses were acceptable, namely that there was a strong and significant positive correlation between self-concept and social support simultaneously with learning motivation with an R value of 0.773 and a sig. value of 0.000. This means that if an individual has a high self-concept and social support, he will have high learning motivation, and vice versa. These findings highlight the importance of positive self-concept and social support in enhancing students’ learning motivation. The practical implication of this study is the need for programs that support the development of positive self-concept and strengthening social support networks.
Keywords: correlation, learning motivation, self-concept, social support