Hubungan Kompetensi Pedagogik Tutor Dengan Motivasi Belajar Peserta Didik Kelas Basic di LKP ASTER PARE
The Relationship Between Tutor Pedagogical Competence and Learning Motivation Of Basic Class Students In LKP ASTER PARE
Guru (Tutor) memiliki pengaruh luas dalam dunia pendidikan. Di sekolah dia adalah pelaksana administrasi pendidikan yaitu bertanggung jawab agar pendidikan dapat berlangsung dengan baik. Tutor wajib memiliki kualifikasi akademik, kompetensi, sertifikat tutor, sehat jasmani dan rohani, serta memiliki kemampuan untuk mewujudkan tujuan pendidikan nasional. Permasalahan yang ada di lapangan tersebut ditunjukkan dengan beberapa hal, diantaranya: (1) sebagian besar tutor tidak mengetahui empat kompetensi yang harus dimiliki, (2) hasil belajar siswa yang memiliki hasil kemampuan bahasa inggris yang kurang, (3) tutor belum menggunakan metode pembelajaran yang bervariasi, (4) beban kerja tutor yang tinggi, (5) siswa tergolong pendiam (pasif) dalam pembelajaran, dan (7) adanya guru yang hanya menggunakan modul yang telah ada dan tidak mengembangkannya. Berdasarkan permasalahan di atas peneliti melakukan penelitian kuantitatif dengan judul “Hubungan Kompetensi Pedagogik Tutor dengan Motivasi Belajar Peserta Didik Kelas basic di LKP ASTER Pare”. Hasil dari penelitian ini adalah Adanya hubungan antara kompetensi pedagogic tutor dengan motivasi belajar bahasa Inggris peserta didik kelas basic di LKP ASTER Pare Kediri. Lokasi penelitian ini berada pada LKP ASTER Pare Kediri. Dalam penelitian ini, peneliti mengambil semua populasi sebanyak 30 peserta didik kelas basic sebagai sampel. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan teknik analisis product moment. Hasil penelitian diperoleh bahwa nilai korelasi antara dua variabel penelitian sebesar 0,713. Pada tabel korelasi product moment di atas rhitung > rtabel yaitu 0,713>0,361 menunujukkan Ha diterima. Jadi, dapat disimpulkan bahwa terdapat hubungan yang positif, signifikan dan searah antara kompetensi pedagogik tutor dengan motivasi belajar bahasa Inggris peserta didik kelas basic di LKP ASTER Kampung Inggris Pare Kediri. Teknik pengumpulan data dengan pengamatan (kuesioner/angket dan dokumentasi).
The teacher (Tutor) has a wide influence in the world of education. At school, he/she is the executor of educational administration, which is responsible for making education run well. Tutors must have academic qualifications, competencies, tutor certificates, be physically and mentally healthy, and have the ability to realize national education goals. The problems that exist in the field are indicated by several things, including: (1) most tutors do not know the four competencies that must be owned, (2) student learning outcomes that have poor English proficiency results, (3) tutors have not used varied learning methods, (4) high tutor workload, (5) students are relatively quiet (passive) in learning, and (7) there are teachers who only use existing modules and do not develop them. Based on the above problems, the researcher conducted a quantitative study with the title "The Relationship between Tutor Pedagogical Competence and Learning Motivation of Basic Class Students at LKP ASTER Pare". The result of this study is that there is a relationship between the pedagogic competence of tutors and the motivation of English language learning of basic class students at LKP ASTER Pare Kediri. The location of this research was at LKP ASTER Pare Kediri. In this study, researchers took all the population of 30 basic class students as samples. This research uses quantitative methods with product moment analysis techniques. The results showed that the correlation value between the two research variables was 0.713. In the product moment correlation table above rcount> rtable which is 0.713>0.361 indicates that Ha is accepted. So, it can be concluded that there is a positive, significant and unidirectional relationship between the pedagogical competence of tutors and the motivation to learn English for basic class students at LKP ASTER English Village Pare Kediri. Data collection techniques by observation (questionnaire/questionnaire and documentation)