Penelitian ini bertujuan untuk mendiskripsikan keterlaksanaan pembelajaran, peningkatan motivasi dan hasil belajar siswa, dan respon siswa terhadap pembelajaran berbasis STEM pada materi tekanan zat. Jenis penelitian ini adalah pre exsperimental design dengan rancangan penelitian one group pretest-posttest. Penelitian ini dilakukan pada siswa kelas VIII-A dan VIII-B SMP Negeri 17 Surabaya yang berjumlah 75 siswa pada semester genap tahun ajaran 2018/2019. Analisis data keterlaksanaan pembelajaran diperoleh dari pengamatan yang dilakukan oleh tiga orang pengamat dengan mengetahui nilai modus pada setiap fase inkuiri terbimbing. Analisis motivasi dan hasil belajar siswa dianalisis dengan uji normalitas, uji t-berpasangan, dan N-Gain score. Analisis respon siswa terhadap pembelajaran berbasis STEM dianalisis dengan menghitung rata-rata prosentase respon siswa. Hasil keterlaksanaan pembelajaran mengalami peningkatan pada pertemuan pertama sampai pertemuan ketiga pada masing-masing kelas. Hasil motivasi belajar siswa mengalami peningkatan sebelum dan sesudah dilaksanakan pembelajaran berbasis STEM. Hasil uji-t berpasangan menunjukan nilai signifikasi 0,000 pada kedua kelas sehingga terjadi peningkatan yang signifikan. N-Gain rata-rata motivasi belajar siswa di kelas VIII-A sebesar 0,6 dengan katagori sedang dan di kelas VIII-B memiliki N-Gain rata-rata sebesar 0,6 dengan kategori sedang, sedangkan hasil belajar siswa di kelas VIII-A dan VIII-B mendapat hasil uji-t berpasangan menunjukan nilai signifikasi 0,000 pada kedua kelas sehingga terjadi peningkatan yang signifikan. Hasil N-Gain rata-rata sebesar 0,7 dengan katagori tinggi. Respon siswa terhadap pembelajaran berbasis STEM positif dengan kategori sangat kuat.
The purpose of this research are describing feasibility of learning, increasing student motivation and learning outcomes, and student responses to STEM-based learning on matter pressure. This type of research is a pre-experimental design with a research design of one group pretest-posttest. This research was conducted on students in grade VIII-A and VIII-B of Junior High School of 17 Surabaya. The subjects were 75 students in the even semester of the academic year 2018/2019. Analysis of learning implementation data was obtained from observations made by three observers by knowing the value of the mode in each phase of guided inquiry. Analysis of motivation and student learning outcomes was analyzed by normality test, paired t-test, and N-Gain score. Analysis of student responses to STEM-based learning was analyzed by calculating the average percentage of student responses. The results of the implementation of learning have increased in the first meeting to the third meeting in each class. The results of student learning motivation have increased before and after STEM-based learning is implemented. The results of paired t-test showed a significant value of 0,000 in both classes so that a significant increase occurred. The average N-Gain of students' learning motivation in class VIII-A is 0.6 with the medium category and in class VIII-B has N-Gain on average of 0.6 with the medium category, while the learning outcomes of students in class VIII-B A and VIII-B obtained the results of paired t-test showing a significance value of 0,000 in both classes so that a significant increase occurred. The N-Gain results averaged 0.7 with a high category. Student responses to positive STEM-based learning are very strong.