Abstrak
Bahasa Inggris, yang merupakan salah satu bahasa yang paling umum digunakan di dunia, membutuhkan proses belajar dan pemahaman yang rumit dan menyeluruh agar dapat digunakan dengan benar. Membaca adalah salah satu cara dalam memperoleh aspek kognitif bahasa, yang merupakan hal mendasar dalam pengembangan perolehan bahasa itu sendiri. Agar dapat membaca dengan benar, pelajar Bahasa Inggris sebagai Bahasa Asing atau yang dalam istilah bahasa Inggris disebut English Foreign Language (EFL), perlu diberikan pengajaran dan bimbingan yang tepat yang meningkatkan sifat komprehensif mereka. Kurikulum 2013 diharapkan dapat meningkatkan kemampuan siswa untuk berbicara bahasa Inggris baik secara lisan maupun tertulis. Ini tidak terlepas dari kemampuan guru untuk mengembangkan pembelajaran dari rencana pembelajaran yang telah dibuat. Lebih lanjut, dalam menyusun rencana pembelajaran, guru perlu memperhatikan taksonomi kemampuan kognitif Bloom, yang sejalan dengan bagaimana guru perlu mengajar membaca dengan benar dan juga mengikuti visi kurikulum 2013. Baik dalam mengajar membaca dan menyusun rencana pelajaran, guru perlu memperhatikan urutan-urutan berpikir dalam taksonomi Bloom, yaitu pengetahuan, pemahaman, aplikasi, analisis, sintesis, dan evaluasi, untuk memastikan bahwa pelajaran membaca berjalan dengan lancar. Guru perlu menyusun rencana pembelajaran sebelum mengajar, karena rencana pembelajaran akan memudahkan, memfasilitasi, dan meningkatkan hasil proses belajar mengajar dan juga dengan menyusun rencana pembelajaran secara profesional, sistematis, dan efisien, guru akan dapat melihat, mengamati, menganalisis, dan memprediksi program pembelajaran sebagai kerangka kerja yang logis dan terencana.
Kata kunci: Kurikulum 2013, Rencana Pelaksanaan Pembelajaran, Pengajaran Membaca, Pemahaman membaca
Abstract
English, one of the most commonly used languages in the world, requires a delicate and thorough process of learning and acquiring in order to be able to be used properly. Reading is one of the ways in acquiring the cognitive aspects of the language, which is fundamental in the development of the language acquirement itself. In order to be able to read properly, English as a Foreign Language (EFL) learners needs to be given proper teaching and guidance that enhances their comprehensive natures. The 2013 curriculum is expected to improve students' ability to speak English both orally and in writing. This cannot be separated from the ability of teachers to develop learning from the lesson plan that has been made. Further, in constructing lesson plan, teachers need to pay attention to Bloom’s taxonomy of cognitive skills, which is in line with how teachers need to teach reading properly and also goes by K13 curriculum’s vision. Both in teaching reading and constructing lesson plans, teachers need to pay attention to sequences of thinking order, which is knowledge, comprehension, application, analysis, synthesis, and evaluation, to make sure that the reading lessons go smoothly. Teachers need to construct a lesson plan before teaching, it is because lesson plan ease, facilitate, and improve the results of the teaching and learning process and by compiling a learning plan in a professional, systematic and efficient manner, the teacher will be able to see, observe, analyze, and predict the learning program as a logical and planned framework.
Keywords: 2013 curriculum, Lesson plan, Teaching reading, Reading comprehension.