KEMAMPUAN BERPIKIR ANALOGIS SISWA SMP DALAM MENYELESAIKAN MASALAH MATEMATIKA
ANALOGICAL THINKING ABILITIES OF JUNIOR HIGH SCHOOL STUDENTS IN SOLVING MATHEMATICAL PROBLEMS
Kemampuan berpikir analogis merupakan kemampuan seseorang dalam mengidentifikasi suatu kesamaan dan hubungan pada dua hal yang berbeda untuk menyelesaikan suatu masalah. Setiap siswa memiliki kemampuan berpikir analogis yang berbeda dalam menyelesaikan masalah matematika. Tujuan penelitian ini yaitu untuk mendeskripsikan kemampuan berpikir analogis siswa SMP dalam menyelesaikan masalah matematika. Penelitian ini menggunakan penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Subjek penelitian adalah satu siswa SMP dari kelas VII. Data penelitian diperoleh dari hasil tes kemampuan berpikir analogis dan wawancara. Tes kemampuan berpikir analogis digunakan untuk pemilihan subjek penelitian dan wawancara dilakukan untuk mengetahui lebih jelas mengenai penjelasan dari kemampuan berpikir analogis siswa dalam menyelesaikan masalah matematika yang ditulis oleh siswa pada tes kemampuan berpikir analogis. Hasil penelitian menunjukkan bahwa siswa dalam tahap pengkodean tidak menuliskan informasi dalam soal pada lembar jawaban mereka namun, mereka dapat menjelaskan saat wawancara. Dalam tahap penyimpulan siswa menggunakan cara yang mereka anggap mudah dan sudah pernah menggunakan cara tersebut sebelumnya. Dalam tahap pemetaan siswa dapat mengidentifikasi keterkaitan antara masalah sumber dan masalah target pada saat wawancara yang dilihat dari kesamaan dari informasi yang diketahui dan ditanyakan. Dalam tahap penerapan siswa mendapatkan kesimpulan dari penyelesaian untuk masalah sumber dan masalah target. Diharapkan pada pembelajaran di sekolah dapat lebih memperhatikan kemampuan berpikir analogis siswa dan pembiasaan dalam menuliskan informasi yang ada pada lembar jawaban.
The analogical thinking abilities is a person's ability to identify similarities and relationships between two different things to solve a problem. Each student has different analogical thinking abilities in solving mathematical problems. The aim of this research is to describe middle school students' analogical thinking abilities in solving mathematical problems. This research uses descriptive research with a qualitative approach. The research subject was a junior high school student from class VII. Research data was obtained from the results of analogical thinking ability tests and interviews. The analogical thinking ability test was used to select research subjects and interviews were conducted to find out more clearly about the explanation of students' analogical thinking ability in solving mathematical problems written by students in the analogical thinking ability test. The results showed that students in the coding stage did not write down the information in the questions on their answer sheets, however, they were able to explain during interviews. In the conclusion stage, students use methods that they consider easy and have used these methods before. In the mapping stage, students can identify the relationship between the source problem and the target problem during the interview, which can be seen from the similarity of the information known and asked. In the application stage students get conclusions from the solution to the source problem and target problem. It is hoped that learning in schools can pay more attention to students' analogical thinking abilities and the habit of writing down information on answer sheets.