Penelitian sastra anak menggunakan sumber data berupa empat novel anak seri Kecil-Kecil Punya Karya (KKPK). Empat novel tersebut berjudul Ambilkan Bulan, The Five Smart Girls, Say No to Bullying, dan The Evergreen. Novel anak tersebut menunjukkan tindakan tokoh anak yang selalu membantu teman dan mengutamakan temannya. Dilihat dari tindakan tokoh tersebut menunjukkan bahwa anak berkarakter. Tindakan perilaku etis sekolompok anak dalam novel menunjukkan perilaku yang sesuai dengan nilai karakter. Nilai-nilai dalam cerita novel dapat diinternalisasinya sebagai pengembangan karakter bagi anak.
Sastra anak diciptakan dengan tujuan untuk menginternalisasikan nilai-nilai moral untuk membentuk karakter anak. diteliti dengan teori sistem. Teori sastra anak ini bukan hanya melihat sastra dari tingkat teks itu sendiri, melainkan tindakan otoritas sosial terhadap teks yang cocok untuk anak-anak. Oleh karenanya pembuatan sastra anak digunakan sebagai media untuk menginternalisasi nilai moral untuk membentuk karakter anak. Karakter tersebut menurut John Garmo ada lima, yaiti kesetiaan, keberanian, kerendahan hati, kebaikkan, dan bersyukur bersyukur.
Hasil penelitian ini memamaparkan berbagai tindakan anak yang berkarakter sesuai dengan nilai moral. Karkater tersebut yaitu kesetiaan, keberanian, kerendahan hati, kebaikkan, dan bersyukur. Data hasil analisis menunjukkan bahwa, terdapat enam data kesetiaan, tujuh daya keberanian, enam data kerendahan hati, dua belas data kebaikaan, dan dua data bersyukur. Data tersebut menunjukkan analisis terhadap empat novel anak seri Kecil-Kecil Punya Karya (KKPK).
Children’s literature research uses data sources in the form of four children's novels, Kecil-kecil Karya (KKPK) series. The four novels are titled Ambilkan Bulan, The Five Smart Girls, Say No to Bullying, and The Evergreen. The children's novel shows the character's actions that always help friends and prioritize their friends. Judging from the actions of the figure shows that the child has character. The act of ethical behavior in a group of children in a novel shows behavior that matches character values. The values in the novel story can be internalized as character development for children.
Children's literature is created with the aim of internalizing moral values to shape children's character. examined with system theory. This children's literary theory not only sees literature from the level of the text itself, but acts of social authority on texts that are suitable for children. Therefore making children's literature is used as a medium to internalize moral values to shape children's character. These characters according to John Garmo are five, namely loyalty, courage, humility, kindness, and thankfulness.
The results of this study describe various actions of children who have character in accordance with moral values. These characteristics are loyalty, courage, humility, goodness, and gratitude. The data from the analysis shows that there are six loyalty data, seven courage, six humility data, twelve kebaikaan data, and two grateful data. The data shows an analysis of four children's novels, Small-Small Punya Karya (KKPK).