PENGGUNAAN KARTU KATA BERGAMBAR UNTUK MENINGKATAN KETERAMPILAN BERBICARA ANAK AUTIS
THE USE OF FLASHCARDS TO IMPROVE AUTISTIC CHILDRENS SPEAKING SKILL
Hambatan yang dialami oleh anak autis dalam berbahasa untuk komunikasi, menyebabkan kosa kata yang dimilikinya untuk berbicara menjadi terbatas. Media sebagai alat bantu diperlukan untuk menunjang program pembelajaran dalam meningkatkan keterampilan berbicara anak autis. Penelitian ini bertujuan untuk mendekripsikan keterampilan berbicara anak autis dengan menggunakan kartu kata bergambar. Metode penelitian yang digunakan adalah Metode studi kepustakaan. Hasil dari kajian teori, bahwa penggunaan kartu kata bergambar dapat meningkatkan keterampilan berbicara. Keterampilan berbicara anak autis setelah diberikan media kartu kata bergambar membuat keterampilan berbicara dalam artikulasi menjadi lebih jelas, irama sesuai dengan orang berbicara pada umumnya, intonasi sesuai lagu kalimat, dan pemilihan kata sesuai dengan makna kalimat.
Kata Kunci: Anak Autis, Kartu Kata bergambar, Keterampilan Berbicara.
The difficulties experienced by autistic children in communication affect the number of their vocabulary. Media as a tool is needed to support learning programs in improving the speaking skills of autistic children. This study is aimed to describe the speaking skills of autistic children by using flashcards. The methodology used in this study was the literature review method. Based on the theoretical studies, the use of flashcards could improve speaking skills. After giving a flashcards media, Speaking skills of autistic children in articulation became clearer, the rhythm sounded like people in general, the intonation was appropriate with the song, and the choice of words was appropriate with the meaning of the sentence.
Keywords: Autism, Picture Word Cards, Vocabulary skill