Indonesia adalah negara dimana bahasa Inggris diposisikan sebagai bahasa asing. Sebagai bahasa asing, bahasa Inggris sudah tidak asing lagi bagi pelajar Indonesia. Meski sudah mempelajarinya, mereka masih mendapatkan banyak kesulitan dalam mempelajari bahasa ini. Mereka merasa sulit untuk berbicara, menulis, membaca dan mendengarkan dalam bahasa Inggris. Seperti pengucapan bahasa Inggris saat mereka berbicara. Pengucapan yang benar menjadi salah satu faktor utama yang penting dalam berbahasa Inggris agar kita dapat berbicara bahasa Inggris dengan benar dan lancar. Dengan mengetahui hal tersebut, peneliti menyadari bahwa sangat berguna untuk membuat dan membantu siswa berlatih pengucapan melalui kegiatan yang menarik sesering mungkin dengan menggunakan beberapa strategi atau media yang menarik. Peneliti memilih lagu khususnya lagu bahasa Inggris sebagai salah satu media untuk mengajar dan membantu siswa melafalkan kata-kata bahasa Inggris dengan baik. Penelitian ini bertujuan untuk menyelidiki keefektifan lagu bahasa Inggris dalam hal pengucapan kata-kata bahasa Inggris terutama pengucapan vokal tunggal untuk siswa pelajar asing bahasa Inggris sekunder. Desain penelitian ini adalah penelitian kuantitatif eksperimental. Penelitian ini dilakukan pada siswa pelajar asing bahasa Inggris di SMA kelas X (X MIPA1 sebagai kelompok eksperimen dan X MIPA 2 sebagai kelompok kontrol) di salah satu SMA Negeri di Sidoarjo. Dalam penelitian kuantatif ini peneliti memberikan pre-test dan post-test untuk kelas-kelas tersebut dan media diberikan kepada kelompok eksperimen, sedangkan kelompok kontrol akan diajar tanpa media. Pertama, peneliti akan memberikan pre-test kepada kedua kelompok untuk memastikan bahwa kedua kelompok sama. Di akhir penelitian, peneliti akan melakukan post-test pada kedua kelas tersebut untuk mengetahui apakah terdapat pengaruh yang signifikan dari pengucapan siswa pada vokal tunggal. Penelitian ini menghasilkan data kuantitatif yang berbentuk numerik. Peneliti menganalisanya dengan Wilcoxon Test, dihitung dengan menggunakan IBM SPSS for Windows release 24. Hasil penelitian menunjukkan bahwa lagu bahasa inggris efektif dalam pengajaran guna meningkatkan kemampuan pelafalan khususnya huruf vokal tunggal dalam kata-kata bahasa inggris pada murid EFL.
Kata Kunci: lagu Bahasa Inggris, cara pengucapan, huruf vokal tunggal
Indonesia is the country where English is positioned as a foreign language. As a foreign language, English is familiar to Indonesian students. Although they have learnt it, they still get many difficulties in learning this language. They also have difficulties to pronounce English words. The correct pronunciation becomes one of the main that are important in communication using English. Thus, the researcher realized that was very useful to make and help the students practiced pronunciation through such interesting activity as often as possible by using some attractive strategy or interesting medias. The researchers chose song especially English songs as one of the media to teach and help the students to pronounce English words well. This present research investigated the effectiveness of English songs in teaching pronunciation especially the pronunciation of single vowels for secondary EFL students. It was a quantative research that used experimental design. This study was conducted on secondary EFL students in Senior High School in the tenth grade (X MIPA 1 as an experimental group and X MIPA 2 as a control group) at one of Public Senior High School in Sidoarjo. The researcher gave pre-test and post-test for those classes and the treatment would be given to the experimental group, while the control group would be taught with no treatment. First, the researcher gave pre-test to both of the group in order to make sure that both groups were equal.in the end of the research, the researcher conducted post-test for those classes in order to know whether there would be any significant effect of students pronunciation in single vowels. The researcher analyzed the data by using Wilcoxon Test, using IBM SPSS for Windows release 24. The finding of this research revealed that English songs were effective in teaching English to improve students’ pronunciation of single vowels in English words for EFL students.
Keywords: English song, pronunciation, single vowel.