Pengembangan Buku Bahan Ajar Motorik Kasar Melalui Modifikasi Permainan Kids Athletics Pada Anak Prasekolah
Development of Gross Motoric Teaching Materials through Modification of Kids Athletics Games for Preschoolers
Penelitian bertujuan mengembangkan buku bahan ajar sebagai pedoman guru dalam memberikan pembelajaran motorik kasar pada anak prasekolah. Jenis penelitian research and development yang menghasilkan sebuah produk buku saku. Menganalisis langsung bagaimana pengaruh dari modifikasi permainan Kids athletics terhadap hasil pembelajaran motorik kasar anak prasekolah. Rancangan pretest-posttest design dengan menggunakan sampling sebanyak 19 anak di kelas PAUD TAAM Al-Mubarok Kota Kediri. Hasil Uji coba diperoleh nilai signifikansi sebesar 0,00, nilai tersebut lebih kecil dari 0,05. Hasil pretest kemampuan motorik kasar anak pada tingkat BSH (Berkembang Sesuai Harapan) yakni anak mampu melakukan gerak tetapi belum tepat dan benar serta masih dibantu oleh guru. Sedangkan pada hasil posttest kemampuan motorik kasar anak pada tingkat BSB (Berkembang Sangat Baik) yakni anak mampu melakukan gerak dengan benar tanpa bantuan guru. Pada tahap uji coba kelayakan pembaca atau pengguna persentase kelayakan sebesar 84,64%. Kesimpulan penelitian ini adalah produk buku saku yang berjudul ‘Aktivitas Motorik Kasar Melalui Modifikasi Permainan Kids Athletics Untuk Anak Prasekolah’ dalam kategori sangat layak serta mampu memberikan peningkatan pembelajaran motorik kasar pada anak prasekolah.
This study aims to develop a textbook as a guide for teachers in providing gross motor skills material to preschoolers. This is a research and developmental study with a pocketbook as the targeted output. This study analyzed the impact of the Kids Athletics game modification on the gross motor learning outcomes of preschoolers. The pretest-posttest design of this study used a sampling of 19 children from TAAM Al-Mubarok Preschool, Kediri City. The result showed a significance value of 0.00, which is smaller than 0.05. The results of the pretest conveyed that the children's gross motor skills are at the Expected Development level, meaning that they are able to do the practice but not in the precise and correct method, hence teacher’s assistance is necessary. Contrastingly, the post-test obtained results that the preschoolers’ gross motor skills are at the Very Well Developed level. This result means that the children are able to move correctly without any help from the teacher. Additionally, the trial for reader feasibility gained a percentage of eligibility up to 84.64%. Thus, this study concludes that the “Gross Motor Activities through Modification of Kids Athletics Games for Preschoolers” pocketbook is very much feasible and effective to improve children’s gross motor skills at preschoolers.