Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan experiment sheet pengendalian motor
listrik yang layak meliputi validitas, kepraktisan, dan keefektifan pada mata
pelajaran Instalasi Motor Listrik di SMKN 2 Lamongan. Kevalidan diperoleh dari
hasil validitas produk yang dikembangkan oleh validator. Kepraktisan experiment sheet ditinjau dari respon
peserta didik dan guru. Keefektifan dihasilkan dari penilaian ranah kognitif
untuk berfikir tingkat tinggi, afektif dan psikomotor.
Metode penelitian yang digunakan
adalah pengembangan atau Research and
Development (R & D ). Pengembangan experiment
sheet ini menggunakan model pembelajaran inkuiri untuk meningkatkan level
berfikir tingkat tinggi. Uji coba terbatas experiment
sheet dilakukan pada siswa Kelas XI TITL 1 SMKN 2 Lamongan sebanyak 30
siswa. Instrumen yang digunakan yaitu lembar validasi, angket respon peserta
didik dan guru, tes hasil belajar berfikir tingkat tinggi, lembar penilaian
sikap dan keterampilan.
Hasil penelitian menunjukkan
kevalidan experiment sheet sangat
valid untuk digunakan dengan persentase sebesar 87,00%. Untuk kepraktisan experiment sheet ditinjau dari respon
peserta didik dengan persentase sebesar 77,00% (praktis), dan kepraktisan experiment sheet ditinjau dari respon
guru dengan persentase 85,00% (sangat praktis). Untuk
keefektifan experiment sheet ,
ditinjau dari tes hasil belajar berfikir tingkat tinggi ranah kognitif, afektif
dan psikomotor. Hasil
belajar ranah kognitif diperoleh hasil
pengujian pada uji paired sample t-test signifikansi yaitu 0,00 yang
menunjukkan nilai signifikansi lebih kecil dari 0,05 sehingga dinyatakan bahwa
ada perbedaan pencapaian hasil belajar berfikir tingkat tinggi ranah kognitif sebelum dan sesudah diberikan
pembelajaran menggunakan experiment sheet . Hasil
belajar ranah afektif diperoleh skor akhir rerata total adalah
81 ,00 % ( sangat efektif ). Hasil
belajar ranah psikomotor diperoleh
hasil pengujian pada
uji one sample t-test signifikansi yaitu 0,00 yang menunjukkan nilai
signifikansi lebih kecil dari 0,05 sehingga
dinyatakan bahwa nilai hasil belajar ranah psikomotor lebih dari 75 ,00
atau diatas KKM dan dikategorikan sangat efektif .
Karena experiment sheet untuk berfikir tingkat tinggi yang dikembangkan sangat valid ditinjau dari aspek
kevalidan, sangat praktis bagi guru ditinjau dari aspek kepraktisan, serta sangat efektif ditinjau dari aspek keefektifan, maka experiment
sheet dapat dikategorikan sangat layak digunakan .
Kata Kunci: Berfikir tingkat tinggi, kevalidan, kepraktisan,
keefektifan, kelayakan, model pembelajaran inkuiri.