ABSTRAK
Guritno Sulistiyawati 2019. Pengembangan Perangkat Pembelajaran Model Inkuiri Terbimbing dan Berpikir Reflektif untuk Melatihkan Keterampilan Berpikir Kritis dan Kreatif Siswa, Tesis, Program Studi S2 Pendidikan Sains, Program Pascasarjana Universitas Negeri Surabaya.
Pembimbing: (I) Prof. Drs. Soegimin, W.W.(II) Tjipto Prastowo, Ph.D.
Kata kunci: Perangkat Pembelajaran, Inkuiri Terbimbing, Berpikir Reflektif, Berpikir Kritis, Berpikir Kreatif
Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan perangkat pembelajaran yang layak digunakan untuk melatihkan keterampilan berpikir kritis dan kreatif. Penelitian ini dilaksanakan dengan menggunakan model 4-D, yaitu tahap pendefinisian (define), perancangan (design), pengembangan (develop), penyebaran (disseminate). Jenis penelitian yang digunakan adalah deskriptif kuantitatif dengan rancangan One Group Pretest-Posttest Design. Sampel yang digunakan adalah siswa kelas XI SMA Negeri 20 Surabaya. Parameter penelitian yang diukur adalah kevalidan, kepraktisan, dan keefektifan perangkat pembelajaran. Hasil penelitian menunjukkan bahwa validasi perangkat pembelajaran inkuiri terbimbing dan berpikir reflektif yaitu: silabus, RPP, buku siswa, lembar berpikir reflektif, LKS, lembar penilaian sikap, lembar penilaian keterampilan, dan lembar penilaian pengetahuan berkategori baik. Kepraktisan perangkat pembelajaran dilihat dari keterlaksanaan RPP dalam pembelajaran dengan kategori baik. Keefektifan perangkat pembelajaran dilihat dari perolehan pretest dan posttest dengan n-gain. N-gain hasil pretest dan posttest dinyatakan mengalami peningkatan, yaitu: 0,87 untuk kemampuan keterampilan berpikir kritis dan n-gain 0,83 untuk kemampuan keterampilan berpikir kreatif yang berarti tinggi. Dengan demikian pembelajaran inkuiri terbimbing dan berpikir reflektif dapat melatihkan keterampilan berpikir kritis dan kreatif. Dari hasil kevalidan, kepraktisan, dan keefektifan di atas maka dapat disimpulkan bahwa perangkat pembelajaran yang dikembangkan layak digunakan untuk melatihkan keterampilan berpikir kritis dan kreatif.
ABSTRACT
Guritno Sulistiyawati. 2019. Develop of Learning Material Using Guided Inquiry and Reflective Thinking to practice Critical and Creative Thinking Skills of students. Thesis, Science Department, Post Graduate Program, State University of Surabaya.
The Counselors: (1) Prof. Drs. Soegimin, W.W. and (II) Tjipto Prastowo, Ph.D.
Keywords: Develop of learning material, guided inquiry, reflective thinking, critical and creative thinking skills
This research was aimed to develop proper learning material using guided inquiry and reflective thinking can be used to practice critical and creative thinking skills. This research was conducted 4-D models, i.e. define, design, develop, disseminate. This type of research is descriptive quantitative research design with one group pretest posttest design. The samples used in the study were eleventh grade students of SMAN 20 Surabaya. The parameter of this research measured validity, practical, and effectiveness of the learning package. Research result: validity syllabi, RPP, reflective thinking paper, LKS, paper attitude, paper psychomotor, paper knowledge, so generally the result validity of learning package is proper. The practical of using learning material can be seen from what RPP had been done on proper category. The effectiveness of learning material can be seen from scores pre-test and post-test which has n-gain. N-gain in the pretest and posttest is declared increased: 0,87 for critical thinking skill and 0,83 for creative thinking skill are means high rate. Based on this research, guided inquiry and reflective thinking can be used to practice critical and creative thinking skills. The validity, practically and effectiveness of learning material shows that the learning package using guided inquiry and reflective thinking is proper and can be used to practice students the critical and creative thinking skills.