Fenomena Korean Wave adalah salah satu trend strategi pemasaran saat ini. Korean Wavememiliki empat pilar utama, yakni K-Pop, K-Drama, K-Film, yang terakhir dan sedang populer saat ini K-Beauty. K-Beauty atau Korean Beauty biasa digunakan untuk menyebut jenis produk kecantikan yang dirilis oleh Korea Selatan. Di dalam K-Beauty ini terdapat produk kecantikan dari Nature Republic yang secara resmi masuk di Indonesia pada tahun 2018. Satu tahun setelah resmi masuk ke Indonesia, Nature Republic mampu menduduki peringkat ke-empat pada survei yang dilakukan oleh ZAP Clinic dan Markplus tentang produk kecantikan yang paling banyak digunakan oleh perempuan di Indonesia, mengalahkan Wardah yang dominannya terlebih dahulu dipasarkan di Indonesia.Penelitian ini memiliki tujuan (1) Untuk menganalisis dan membahas pengaruh Korean Wave terhadap Keputusan Pembelian, (2) Untuk menganalisis dan membahas pengaruh Gaya Hidup Konsumtif terhadap Keputusan Pembelian.
Jenis penelitian ini menggunakan rancangan riset konklusif dengan pendekatan kausal. Variabel penelitian ini terdiri dariKorean Wave, Gaya Hidup Konsumtif, dan Keputusan Pembelian. Populasi penelitian ini adalah konsumen brandNature Republic berusia 17 – 65 tahun di Surabaya. Penentuan jumlah responden penelitian ini menggunakan non-probability sampling dengan jumlah sampel sebanyak 210 orang responden. Instrumen penelitian menggunakan angket dengan skala likert dan teknik analisis data yang digunakan adalah regresi linear berganda.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa korean wave dan gaya hidup konsumtif berpengaruh signifikan positif terhadap keputusan pembelian Nature Republic di Surabaya. Nilai koefisien menunjukkan variabel gaya hidup konsumtif memiliki pengaruh lebih besar dari variabel korean wave.
Kata Kunci : korean wave; k-beauty; gaya hidup konsumtif; keputusan pembelian
The Korean Wave phenomenon is one of the current marketing strategies trends. Korean Wave has four pillar, namelyK-Pop, K-Drama, K-Film, the last one and currently popular K-Beauty. K-Beauty or Korean Beauty is used to refer to the types of beauty products that released by South Korea. In this K-Beauty there are beauty products from Nature Republic which officially entered Indonesia in 2018. One year after officially entered Indonesia, Nature Republic was ranked fourth in the survey conducted by ZAP Clinic and Markplus Inc about the beauty product that most used by women in Indonesia, defeating Wardah which has already been marketed before Nature Republic in Indonesia. The aims of this research are (1) to analyze and discuss the influence of Korean Wave toward Purchase Decision, and (2) to analyze and discussthe influence of Consumptive Lifestyle toward Purchase Decision.
This type of research is a conclusive research and using causal approach.The variabels of this research are Korean Wave, Consumptive Lifestyle and Purchase Decision. The research population were a Nature Republic consumer in Surabaya. The sampling method of this research was non-probability sampling with a total sample of 210 respondents. This research instrument used an offline questionnaire with likert scale while multiple linear regression were used in order to analysis the data.
The result of this research indicate that korean waveand consumptive lifestyle have a significant positive effect toward purchase decision of Nature Republic in Surabaya.The coefficient value shows that consumptive lifestyle variable has larger influence than korean wave variable.
Keywords : korean wave; k-beauty; consumptive lifestyle; purchase decision