ANALISIS LAGU DAERAH SEBAGAI ALTERNATIF MEDIA PEMBELAJARAN MATEMATIKA
ANALYSIS OF FOLK SONGS AS AN ALTERNATIVE MEDIA FOR LEARNING MATHEMATICS
Musik memiliki keterkaitan dengan matematika berupa konsep pola, rumus, dan hitungan yang dapat digunakan sebagai variasi pembelajaran berbasis etnomatematika. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan analisis unsur matematika pada lagu daerah serta mendeskripsikan strategi pembelajaran dalam mengintegrasikan lagu daerah sebagai alternatif media pembelajaran matematika di sekolah dasar. Pada penelitian ini menggunakan metode pendekatan kualitatif dengan teknik pengumpulan data yakni wawancara dan studi dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa unsur matematika pada lagu daerah yakni penjumlahan pecahan berpenyebut sama, penjumlahan pecahan berpenyebut berbeda, perkalian pecahan, pengolahan data (modus), serta penyajian data (tabel, diagram batang, dan diagram garis). Strategi pembelajaran berbasis etnomatematika menggunakan media pembelajaran lagu daerah yang disesuaikan dengan tujuan pembelajaran matematika menurut National Council of Teachres of Mathematics (NCTM) yakni tujuan budaya.
Kata Kunci: etnomatematika, lagu daerah, matematika, media pembelajaran.
Music has a connection with mathematics in the form of concepts of patterns, formulas, and calculations that can be used as a variation on ethnomatematics based learning. This study aims to describe the analysis of mathematical elements in folk songs and describe learning strategies in integrating folk songs as an alternative media for learning mathematics in elementary schools. In this study using a qualitative approach to data collection techniques, namely interviews and documentation studies. The results showed that the mathematical elements in the regional song are the sum of the same-denominated fractions, the sum of different-denominated fractions, fraction multiplication, data processing (mode), and data presentation (tables, bar charts, and line charts). Ethnomatematics-based learning strategies use regional song learning media that are adjusted to the learning objectives of mathematics according to the National Council of Teachers of Mathematics (NCTM), namely cultural goals.
Keywords: ethnomatematics, a folk song, mathematics, media learning