An Overview Of Self-Regulated Learning Strategy In Critical Reading For University Students
Mahasiswa merupakan pelajar yang berada di level tertinggi dalam pendidikan. Hal tersebut menjadikan mahasiswa sebagai pelajar yang mandiri dan mempunyai tanggung jawab lebih untuk menjadi pelajar sukses yang diatur oleh mereka sendiri. Oleh karena itu, mereka mempunyai hak penuh untuk menentukan tujuan belajar, menentukan strategi pembelajaran yang tepat untuk digunakan, mengontrol strategi yang digunakan, mengevaluasi apakah strategi tersebut efektif atau tidak, dan berkaita pula dengan control emosi, lingkungan sekitar, dan motivasi. Regulasi penggunaan strategi tersebut disebut juga dengan self-regulated learning strategy (strategi belajar mandiri). Untuk menjadi pelajar sukses, mahasiswa harus memahami keterampilan membaca untuk memproses informasi yang kebanyakan didapat dari bacaan, sehingga mereka perlu membaca secara kritis. Artikel ini ditulis dengan tujuan SRL mampu meningkatkan kemampuan siswa membaca kritis dengan melakukan tahapan-tahapan dalam SRL, seperti menentukan tujuan belajar, menggunakan strategi yang efektif, memonitor hasil belajar yang dapat memicu kemampuan siswa berpikir kritis dan siswa akan mengaplikasikannya untuk mengkritisi materi bacaan.
University students are the learners in the higher level of education. It makes them be independent learners and have more responsibility to be successful learners which regulated by themselves. It means that they have an authority to set their own goals, deciding suitable strategies to be used, controlling the strategies they are used, evaluating whether the strategies are effective or not, dealing with their emotion, environment, and motivation. The regulation of those strategies can be called as self-regulated learning strategy. To be a successful learner, university students have to comprehend the reading skill in order to processing the information for academic purposes and the information most of from the texts, so that they have to read critically. This article is written to inform that self-regulated learning strategy promotes students’ critical reading. It is proven that SRL promotes students’ critical reading by doing steps in SRL—such as setting goals, applying efficient strategies, monitoring performance triggered students to think critically and students will apply it to criticize the reading material.