Analisis kesalahan Siswa SMP dalam Menyelesaikan Soal Bangun Ruang
Analysis Of Junior High School Students Errors In Solving Geometrics Problems
Brown (2016) mengatakan analisis kesalahan adalah jenis penelitian diagnostik yang dapat membantu guru menentukan jenis kesalahan yang dibuat oleh siswa dan mengapa. Howell (dalam Peogoeh: 2016) menyatakan bahwa analisis kesalahan melibatkan analisis pola kesalahan untuk mengidentifikasi kesulitan siswa dalam hal fakta, konsep, strategi dan prosedur. Kesalahan yang dilakukan oleh siswa perlu dianalisis untuk mengetahui kesalahan apa saja yang dilakukan oleh siswa. Kesalahan yang dilakukan oleh siswa dapat memberikan gambaran mengenai kelemahan-kelemahan siswa dalam menyelesaikan soal. Penelitian ini bertujuan untuk: (1) mendeskripsikan letak kesalahan siswa dalam menyelesaikan soal bangun ruang, (2) mendeskripsikan jenis kesalahan siswa dalam menyelesaikan soal bangun ruang, dan (3) mendeskripsikan faktor penyebab kesalahan siswa dalam menyelesaikan soal bangun ruang. Penelitian ini merupakana penelitian kualitatif dengan menggunakan metode tes dan wawancara dan dilakukan di SMP Negeri 21 Surabaya. Pemilihan subjek penelitian berdasarkan kriteria yaitu tiga orang siswa yang paling banyak melakukan kesalahan pada indikator letak kesalahan dan jenis kesalahan, keberagaman kesalahan yang dilakukan, dan keterbukaan serta kelancaran subjek untuk berkomunikasi selama proses wawancara berlangsung untuk mengetahui faktor penyebab siswa melakukan kesalahan tersebut. Dari hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa: a. letak kesalahan siswa antara lain, 1) kesalahan dalam memahami soal yaitu tidak memahami maksud soal, salah menuliskan informasi, menuliskan informasi dengan symbol-simbol yang dibuat sendiri; 2) kesalahan menggunakan rumus yaitu tidak dapat merencanakan penyelesaian, dan salah menggunakan rumus yang tepat; 3) kesalahan pengoperasian yatu salah melakukan perhitungan dan tidak dapat melakukan operasi dengan benar; 4) kesalahan dalam menyimpulkan yaitu siswa tidak dapat menuliskan jawaban akhir dengan benar; b. jenis kesalahan siswa anatara lain, 1) kesalahan konsep yaitu tidak dapat memahami maksud dan tujuan dari soal; 2) kesalahan prinsip yaitu salah menggunakan rumus yang tepat; 3) kesalahan pengoperasian yaitu tidak dapat menggunakan aturan operasi atau perhitungan dengan benar. c. penyebab kesalahan antara lain: subjek mengalami kesulitan dalam memahami beberapa kata dalam soal, subjek tidak dapat merencanakan penyelesaian dengan benar, salah dalam melakukan prosedur yang tepat, tidak memahami konsep aljabar, tidak memahami aturan perkalian pada bentuk pangkat dengan benar, tidak memahami aturan penempatan koma pada hasil perkalian, tidak teliti dalam melakukan perhitungan, tergesa-gesa mengerjakan soal, tidak dapat menyelesaikan soal, salah menuliskan jawaban akhir dikarenakan kesalahan pada tahap sebelumnya, dan tergesa-gesa dalam menuliskan jawaban akhir.
Brown (2016) says error analysis is a type of diagnostic research that can help teachers determine the types of errors made by students and why. Howell (in Peogoeh: 2016) states that error analysis involves analyzing error patterns to identify student difficulties in terms of facts, concepts, strategies and procedures. The mistakes made by students need to be analyzed to find out what mistakes were made by students. Mistakes made by students can provide an overview of student weaknesses in solving questions. This study aims to: (1) describe the location of the students errors in solving geometrical problems, (2) to describe the types of students errors in solving geometrical problems, and (3) to describe the factors that cause students errors in solving geometric problems. This research is a qualitative research using test and interview methods and was conducted at SMP Negeri 21 Surabaya. The selection of research subjects was based on criteria, namely three students who made the most mistakes on the indicators of the location of errors and types of errors, the diversity of mistakes made, and the openness and fluency of the subject to communicate during the interview process to determine the factors that caused students to make these mistakes. From the results of this study it can be concluded that: a. the location of the students mistakes, among others, 1) errors in understanding the questions, namely not understanding the meaning of the questions, incorrectly writing down information, writing information using symbols that were made by themselves; 2) errors in using formulas, namely not being able to plan the solution, and incorrectly using the correct formula; 3) operating errors that miscalculate and fail to perform operations correctly; 4) errors in concluding, namely that students cannot write the final answer correctly; b. types of student errors, among others, 1) misconceptions, namely unable to understand the intent and purpose of the questions; 2) principle error, namely incorrectly using the correct formula; 3) operation error that is unable to use operating rules or calculations correctly. c. causes of errors include: the subject has difficulty understanding some words in the problem, the subject cannot plan the solution correctly, does the wrong procedure, does not understand the concept of algebra, does not understand the rules of multiplication in exponents correctly, does not understand the rules for placing commas on the multiplication result, not careful in doing calculations, rushing to work on the problem, unable to solve the problem, wrongly writing the final answer due to an error in the previous stage, and rushing in writing the final answer.