PENGEMBANGAN BAHAN AJAR PENDAMPING DENGAN PENDEKATAN KONSTRUKTIVISTIK TEMA INDAHNYA KEBERSAMAAN UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPS SISWA KELAS IV SD
DEVELOPMENT OF COORDINATING TEACHING MATERIALS WITH CONSTRUCTIVE APPROACH TO IMPROVE IPS STUDENT LEARNING OUTCOMES IN CLASS IV ELEMENTARY SCHOOL STUDENTS
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: 1) efektivitas bahan ajar yang dikembangkan melalui pendekatan konstruktivistik berbasis penguatan pendidikan karakter terhadap siswa di Kelas IV SDK Santo Xaverius Surabaya , 2) respon siswa terhadap bahan ajar yang dikembangkan melalui pendekatan konstruktivistik berbasis penguatan pendidikan karakter terhadap siswa di Kelas IV SDK Santo Xaverius Surabaya. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa Kelas IV SDK Santo Xaverius Surabaya yang terdiri atas dua kelas dengan banyak siswa masing-masing kelas adalah 34 orang. Sedangkan yang menjadi objek dalam penelitian ini adalah bahan ajar yang dikembangkan melalui pendekatan konstruktivistik berbasis penguatan pendidikan karakter dalam Kurikulum 2013.
Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan dengan menggunakan modifikasi dari model pengembangan 4-D (Define, Design, Develop, Disseminate) yang dibatasi hanya sampai pada tahap ke-3. Pengambilan data dilakukan melalui lembar validasi, lembar observasi, dan tes kemampuan hasil belajar. Teknik analisis data menggunakan analisis deskriptif dan statistik kualitatif.
Sebelum bahan ajar diujicobakan terlebih dahulu divalidasi kepada dua orang validator dengan persentase tingkat kevalidan yang diberikan oleh masing-masing validator adalah sebesar 90,5%, dan 93,18%. Analisis efektivitas berdasarkan uji coba I dan II adalah sebagai berikut: 1) pencapaian ketuntasan belajar siswa adalah 32% pada uji coba I dan 88% pada uji coba II; 2) ketercapaian indikator pada uji coba I tidak efektif dan pada uji coba II efektif; 3) kemampuan guru mengelola pembelajaran pada uji coba I dan II berada pada kategori cukup baik dan memenuhi kriteria efektif; 4) aktivitas siswa pada uji coba I tidak efektif sementara pada uji coba II efektif. Kemampuan siswa antara uji coba I dan II meningkat untuk setiap aspek dengan rata-rata total 1,85 untuk uji coba I dan 2,87 untuk uji coba II sehingga besar persentase peningkatan rata-ratanya adalah 25,5%. Dengan demikian bahan ajar memenuhi seluruh kriteria efektivitas dan kegiatan uji coba berhenti pada uji coba II. Berdasarkan uji coba I dan II diketahui bahwa respon siswa terhadap bahan ajar positif untuk hampir seluruh aspek.
This research aims to find out: 1) the effectiveness of teaching materials developed through a constructivistic approach based on the strengthening of character education to students in the fourth grade of SDK Santo Xaverius Surabaya, 2) the students responses to teaching materials developed through a constructivistic approach based on the strengthening of character education to students in the Classroom IV SDK Santo Xaverius Surabaya. Subjects in this study are students of Class IV SDK Santo Xaverius Surabaya consisting of two classes with many students each class is 34 people. While the object in this study is a teaching material developed through a constructive approach based on the strengthening of character education in the Curriculum 2013.
This research is a development research using modification of 4-D development model (Define, Design, Develop, Disseminate) which is limited only to stage 3. Data retrieval is done through validation sheet, observation sheet, and learning ability test result. Data analysis techniques used descriptive and qualitative statistics.
Before the experimental material is first tested validated to two validators with the percentage of validity level given by each validator is 90.5%, and 93.18%. The effectiveness analysis based on trial I and II are as follows: 1) the achievement of students' learning completeness is 32% in trial I and 88% in trial II; 2) the achievement of the indicators in trial I was ineffective and in the II trial was effective; 3) the ability of teachers to manage learning on trial I and II are in good enough category and meet the effective criteria; 4) student activity on trial I was not effective while in trial II was effective. Students' ability between trial I and II increased for each aspect with a total average of 1.85 for trial I and 2.87 for trial II so that the average percentage increase was 25.5%. Moreover the teaching material meets all the effectiveness criteria and the trial activities stop at trial II. Based on test I and II it is known that the student's response to the teaching materials is positive for almost all aspects.