Perancangan Corporate Identity UMKM Sumber Terik Jaya Raya Kecamatan Tarik Sidoarjo
Designing the Corporate Identity of UMKM Sumber Terik Jaya Raya, Tarik Sidoarjo District
UMKM Sumber Terik Jaya Raya adalah salah satu UMKM di Dusun Terik Kecamatan Tarik Kota Sidoarjo yang diwadahi oleh Bumi Desa serta mendapat bantuan berupa dana dan bantuan pemasaran oleh pemerintah. UMKM ini dikelola oleh penduduk Dusun Terik yang tidak memiliki status pekerjaan dibantu oleh pihak Kecamatan Tarik. UMKM ini unggul di usaha kateringnya, menyajikan produk makanan ringan dan katering yang bisa dipesan online. Seiring berkembangnya lonjakan pasar produk mereka, usaha ini membutuhkan suatu identitas usaha, termasuk logo agar konsumen dapat mengenali produk mereka dan memberikan citra bagi konsumen. Penelitian perancangan ini menggunakan metode penelitian kualitatif. Data yang disajikan pada penelitian kualitatif berupa deretan kata yang bersifat deskriptif dan cenderung menggunakan analisis. Subjek pada penelitian ini adalah UMKM Sumber Terik Jaya Raya. Selain itu dilakukan dengan menggunakan analisis SWOT agar dapat mengidentifikasi masalah serta memberikan solusi yang tepat. Pada perancangan corporate identity ini langkah-langkah yang dilakukan untuk membuat logo UMKM Sumber Terik Jaya Raya yaitu dengan membuat Thumbnail, Tightissue, Final. Hasil dari perancangan ini berupa logo yang akan diterapkan pada media packaging, totebag, kop surat, kartu nama, x banner, dan boothstand.
UMKM Sumber Terik Jaya Raya is one of the UMKM in Dusun Terik, Tarik District, Sidoarjo City which is accommodated by Bumi Desa and receives assistance in the form of funds and marketing assistance by the government. These UMKM are managed by residents of Dusun Terik who do not have employment status assisted by the Tarik District. This UMKM excels in its catering business, serving snacks and catering products that can be ordered online. As their product market grows, this business requires a business identity, including a logo so that consumers can recognize their products and provide an image for consumers. This design research uses qualitative research methods. The data presented in qualitative research is in the form of a series of words that are descriptive and tend to use analysis. The subject of this research is the UMKM Sumber Terik Jaya Raya. In addition, it is done using SWOT analysis in order to identify problems and provide appropriate solutions. In designing this corporate identity, the steps taken to create the UMKM Sumber Terik Jaya Raya logo are by making Thumbnails, Tightissues, Finalization, then validated to determine that the logo is in accordance with the goals and image of UMKM. The last stage which will be applied to media packaging, totebags, letterheads, business cards, x banners, and booth stands.