Dewasa ini,mengajar berbicara menggunakan presentasi sebagai kegiatan pembelajaran umumnya menggunakan Ms. PowerPoint. Hal ini membuat siswa sering membaca teks presentasi mereka daripada menjelaskan. Apalagi ketika presentasi menggunakan bahasa inggris dan itu mengakibatkan siswa yang kemampuan berbicara nya kurang tidak akan berkembang. Berdasarkan beberapa masalah tersebut peneliti memutuskan untuk menggunakan projek presentasi menggunakan poster sebagai media untuk mengajar berbicara untuk siswa jurusan multimedia karena berdasarkan peryataan Gundogan (2016) poster memungkinkan siswa bekerja dalam kelompok, yang memberikan kesmepatan mereka untuk mempraktekkan dan mengelola kerjasama tim serta memberi kesempatan untuk mengembangkan kemampuan berbicara. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan penerapan projek presentasi menggunakan poster sebagai media untuk mengajar berbicara untuk siswa jurusan multimedia, meningkatkan kemampuan siswa dalam berbicara serta analaisis kebutuhan siswa terhadap penggunaan poster sebagai media untuk mengajar berbicara bahasa Inggris. Pembelajaran berbasis tugas digunakan seagai metode pembelajaran yang bertujuan untuk membuat poster lebih cepat untuk di pelajari dan mudah dipahami.
Penelitian ini menggunakan jenis penelitian tindakan kelas (PTK) untuk menyelesaikan masalah di dalam kelas. Pendekatan yang digunakan untuk mendeskripsikan data adalah pendekatan kualitatif. Pendekatan ini bertujuan untuk mendeskripsikan secara mendalam tentang partisipan yang terlibat. Subyek dalam penelitian ini adalah guru bahasa inggris dan siswa kelas 10 Multimedia di SMKN 1 SURABAYA. Peneliti menggunakan tiga instrumen yaitu catatan observasi, daftar pertanyaan dan wawancara dalam bentuk semi struktur. Untuk mengambil data, peneliti menggunakan observasi, setelah itu memberikan dafttar pertanyaan kemudian mewawancarai siswa untuk memenuhi tujuan penelitian.
Peneliti melaksanakan observasi selama tiga pertemuan. Penerapan presentasi menggunakan poster ini adalah pertayaan penelitian peratama yang akan dijelaksan daalm peneleltian ini. Pada mulanya, pendahuluan diberikan guru dalam menjelaskan presentasi menggunakan poster ini, kemudian guru memberikan tes berbicara untuk mengukur serta mengetahui dampak poster di akhir pertemuan ini dapat meningkatkan keterampilan berbicara atau tidak. Pada pertemuan terakhir kelompok yang tersisa melakukan presentasi kemudian guru memberikan daftar pertanyaan serta melakukan interview kepada beberapa siswa untuk menjawab pertanyaan penelitian yang kedua serta yang ketiga.
Kesimpulan dari penelitian ini adalah poster dapat digunakan untuk mengajar ketrampilan berbicara secara efektif di dalam kelas. Siswa juga berpendapat bahwa penggunaan poster dapat membuat suasana lebih menyenangkan daripada berbicara dengan mengguakan MS.PowePoint. Serta presentasi menggunakan poster ini dapat meningkatkan keterampilan berbicara serta memenuhi kebutuhan siswa.
Kata Kunci: posters, berbicara.
Nowadays, teaching speaking with presentation as the activity commonly used Ms. PowerPoint as the media to presentation. It makes the students often to read their notes rather than explain their point, especially for the using English and it makes the students who have a low level in the speaking is never improving speaking ability. Based on those problem found, the researcher decides to use Poster Presentation Project as media to teach speaking for multimedia students because based on the statement of Gundogan (2016) allows the students to work as a group, which then gives them some practice working as a "team” to develop group management and speaking ability. The objectives of this study are to describe the implementation of posters presentation project as media in the multimedia class to teach speaking, the way poster presentation project improving students speaking ability and the students’ needs analysis for the posters presentation project as media to teach speaking in vocational school. The project based learning as the teaching method is aim to make the poster through the practically and easy to understand.
The qualitative research is uses in this research as the approach and the method to solve problem in the data collection. It has a purpose to describe in detail about the participants. The subject of this research is the English Teacher and Students in Tenth Multimedia class in the SMKN 1 SURABAYA. There are three instruments which are used by the researcher. They are observation sheets, questionnaire and interviews in the form of semi-structured. To collect the data, the researcher uses the observation, then gives the questionnaire to the students and interviews some students to meet the objective of the research.
The researcher conducted the observation in three meetings. The implementation of the poster is the first question that explains in this research. At first, the teacher explains the introduction of poster presentation project, also gives the speaking test to measure the speaking ability. In the second meetings, the students began to prepare and started to poster presentation. For the third meetings, the last group’s presentation also the researcher gives the questionnaire and the interviews some students to answer the second research question about improving speaking ability and the third question about students’ needs analysis.
In conclusion, the posters is effective to be used as media to teach speaking for multimedia students. The students agreed that Poster Presentation Project is effective media rather than M.S PowerPoint. For multimedia students they needs to use posters to facilitate them when in presentation. The results shows that the poster presentation project is available to improving students speaking ability also meets students’ needs.