Niltufarichah. 2025. Pengembangan Video Pembelajaran Notasi
Musik Berbasis Lagu Daerah Terhadap Hasil Belajar Dan Kreativitas Siswa Kelas X
Bisnis Digital SMKN 1 Bojonegoro. Tesis, Program Studi Teknologi Pendidikan,
Pascasarjana, Universitas Negeri Surabaya. Pembimbing: (I) Prof. Dr. Drs. Djuli
Djatiprambudi, M.Sn., (II) Dr. Harmanto, S. Pd., M. Pd..
Penelitian
ini bertujuan untuk mengembangkan video pembelajaran notasi musik berbasis lagu
daerah guna meningkatkan hasil belajar dan kreativitas siswa kelas X Bisnis
Digital di SMKN 1 Bojonegoro. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian
dan pengembangan (R&D ) dengan model ADDIE (Analysis, Design,
Development, Implementation, Evaluation ). Produk yang dihasilkan berupa
video pembelajaran yang divalidasi oleh ahli media, bahasa, dan materi, serta
diuji coba di lapangan. Hasil validasi menunjukkan bahwa video pembelajaran
yang dikembangkan memenuhi kriteria valid dan sangat layak untuk digunakan,
dengan rata-rata persentase validitas di atas 80%. Kepraktisan video ini juga
mendapatkan respon positif dari guru dan siswa, dengan skor rata-rata 87,60% dan
90,55%, yang menandakan bahwa media ini efektif dan menarik bagi siswa.
Pengujian keefektifan dilakukan melalui pre-test dan post-test, yang
menunjukkan adanya peningkatan signifikan dalam hasil belajar dan kreativitas
siswa dengan nilai signifikansi p = 0,000 (<0,05). Uji N-Gain
menunjukkan rata-rata lebih dari 0,2 yang menandakan bahwa penggunaan video
pembelajaran berdampak positif terhadap proses belajar siswa. Berdasarkan hasil
penelitian ini, disarankan agar video pembelajaran notasi musik berbasis lagu
daerah dapat digunakan sebagai media pembelajaran yang inovatif dan efektif
untuk meningkatkan pemahaman siswa terhadap notasi musik serta menyebarluaskan
budaya daerah.
Kata Kunci : Pengembangan Media, Video
Pembelajaran, Notasi Musik, Hasil Belajar, Kreativitas.