PERSEPSI SISWA TERHADAP PERAN KEGIATAN ICE BREAKING DALAM PEMBELAJARAN BAHASA INGGRIS DI SMA
STUDENTS’ PERCEPTION TOWARDS THE ROLE OF ICE BREAKING ACTIVITIES IN LEARNING ENGLISH AT SENIOR HIGH SCHOOL
Salah satu faktor yang dapat mempengaruhi perasaan siswa saat belajar bahasa Inggris adalah metode atau gaya pengajaran guru yang tidak tepat atau monoton. Penerapan strategi pembelajaran yang sesuai dengan kondisi siswa merupakan salah satu solusi untuk meningkatkan motivasi belajar siswa. Misalnya, kegiatan "ice-breaking". Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan persepsi siswa terhadap peran kegiatan ice-breaking dalam pembelajaran bahasa Inggris di sekolah menengah atas. Selain itu, penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif untuk mencapai tujuan penelitian. Partisipan penelitian ini adalah 30 siswa di salah satu SMA Islam di Sidoarjo. Penelitian ini menggunakan angket, wawancara, dan observasi sebagai instrumen penelitian. Temuan penelitian menunjukkan bahwa siswa memiliki persepsi positif terhadap peran kegiatan ice breaking dalam pembelajaran bahasa Inggris di sekolah menengah atas. Ice-breaking adalah strategi yang efektif untuk meningkatkan motivasi siswa.
One of many factors that can influence students' feelings while learning English is a teacher's method or style of instruction that is not precise or monotonous. Applying learning strategies suitable to students' conditions is one solution for increasing students'' motivation. For instance, the "ice-breaking" activity. This study is aimed at describing students’ perceptions towards the role of ice-breaking activities in learning English at senior high school. Moreover, this research uses a qualitative approach to achieve the purposes of the research. The participants of this study were 30 students in a particular Islamic senior high school in Sidoarjo. This study used questionnaire, interview, and observation as research instruments. The study's findings indicate that students have a positive perception towards the role of ice breaking activities in learning English at senior high school. Ice-breaking is an effective strategy for increasing student motivation.