PERSPEKTIF GURU TERHADAP PENGGUNAAN STORYBOARD DALAM PENGAJARAN MENULIS TEKS NARATIF
TEACHERS' VOICE TOWARD THE USE OF STORYBOARD IN TEACHING WRITING NARRATIVE TEXT
Menulis merupakan keterampilan krusial yang harus dikuasai siswa karena memiliki peran penting dalam komunikasi, keberhasilan akademik, dan prospek karir di masa mendatang. Meskipun demikian, banyak siswa yang mengalami kesulitan dalam menulis karena beberapa kendala. Untuk mengatasinya, guru dapat menggunakan media yang menarik seperti storyboard. Storyboard menggabungkan elemen visual dan tekstual yang membantu siswa merencanakan dan mengatur narasi mereka dengan lebih efektif. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengeksplorasi penggunaan storyboard dalam pembelajaran menulis teks naratif, manfaat, dan kendala yang dialami oleh guru dan siswa dalam penerapannya. Desain penelitian ini adalah penelitian kualitatif interpretatif dasar, dengan melibatkan tujuh guru bahasa Inggris di Surabaya dan Gresik sebagai partisipannya. Peneliti menggunakan kuesioner terbuka dan wawancara semi-terstruktur untuk mengumpulkan data. Data yang diperoleh menunjukkan bahwa guru menggunakan media ini untuk menciptakan pembelajaran yang menyenangkan. Guru menggunakan berbagai jenis storyboard, termasuk storyboard berbasis kertas dan digital. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan storyboard secara signifikan meningkatkan keterlibatan dan pemahaman siswa terhadap teks naratif. Namun, media ini juga memiliki beberapa tantangan yang mungkin dialami oleh guru dan siswa dalam implementasinya. Penelitian ini memberikan wawasan tentang persepsi dan penggunaan storyboard oleh guru dalam pengajaran menulis narasi, serta diharapkan dapat menjadi sumber data dan panduan bagi guru yang akan mengimplementasikan media ini.
Kata Kunci: persepsi guru, pengajaran menulis, teks naratif, storyboard.
Writing is a crucial skill for students to master. It is essential for communication, academic success, and future careers. However, many students struggle with writing due to several challenges. To address this, teachers can use engaging media like storyboards. Storyboards combine visual and textual elements, helping students plan and organize their narratives more effectively. The objective of this research is to explore the use of storyboards in teaching writing narrative text and the benefits and challenges of storyboarding in writing. The research design of this research was basic interpretative qualitative research. This research was conducted on seven English teachers in Surabaya and Gresik who met the predetermined criteria. To gather data, the researcher employed open-ended questionnaires and semi-structured interviews. The findings indicate that teachers use this media to create fun learning. Teachers used different types of storyboards, including paper and digital storyboards. The results showed that storyboards significantly enhanced students' engagement and understanding of narrative text. However, this media also has challenges teachers and students may face. Overall, this research provides valuable insights into how teachers perceive and utilize storyboards for teaching narrative writing. The results of the research are expected to be a reference and provide data relevant to the views and experiences of teachers.
Keywords: teachers’ voice, teaching writing, narrative text, storyboard.