Ragam Bahasa pada Iklan Kecantikan dalam Katalog Oriflame (Edisi September 2020)
Various Languages in the Beauty Advertisement in the Oriflame Catalog (September 2020 Edition)
Katalog Oriflame adalah bentuk promosi tertulis dari produk terkenal yang menjual alat kelengkapan kecantikan, khusunya make up. Dalam mengiklankan suatu produk, bahasa menjadi penentu untuk menarik minat konsumen. Keragaman bahasa yang muncul dalam iklan kecantikan, Oriflame menjadi perhatian peneliti. Ragam bahasa yang ditemukan dalam katalog Oriflame merupakan bentuk ragam bahasa perempuan karena peminat atau konsumen terbanyak dari Oriflame adalah perempuan. Adapun tujuan dari penelitian ini ialah mengetahui bentuk-bentuk ragam bahasa perempuan dan bentuk-bentuk fungsi bahasa pada katalog Oriflame. Penelitian ini menggunkan metode deskriptif kualitatif. Sumber data dalam penelitian ini adalah iklan Kecantikan yang terdapat dalam katalog Oriflame dan data penelitian dalam penelitian ini ialah berupa data tulisan yang diperoleh dari hasil amatan pada katalog Oriflame edisi bulan September 2020. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan dua teknik, yakni teknik dokumentasi dan teknik catat. Proses penganalisisan data pada penelitian ini dilakukan dengan meggunakan teknik analisis deskriptif yang disesuaikan dengan kajian dari sosiolinguistik, sehingga dalam penelitian ini diperoleh hasil berupa data ragam bahasa dan fungsi bahasa. Hasil dari penelitian ini, terdapat 32 data ragam bahasa perempuan dan 34 data dari fungsi bahasa. data ragam bahasa tersebut terbagi menjadi 9 data ragam bahasa menggunakan kata sifat, 8 data berupa ragam bahasa dengan bentuk ungkapan halus, dan 15 data yang merupakan ragam bahasa dengan bentuk pemerian, sedangkan data fungsi bahasa terbagi menjadi 12 data denga fungsi bahasa secara direktif, 20 data fungsi bahasa secara informatif dan 2 data fungsi bahasa secara metalingual.
Kata Kunci: Katalog Oriflame, ragam bahasa dan fungsi bahasa.
The Oriflame catalog is a written promotional form of well-known products that sells beauty fittings, especially make-up. In advertising a product, language is the determinant of attracting consumer interest. The diversity of languages that appear in beauty advertisements, Oriflame, is of concern to researchers. The variety of languages found in the Oriflame catalog is a form of female language variety because the most devotees or consumers of Oriflame are women. The purpose of this research is to find out the various forms of women's language and the forms of language functions in the Oriflame catalog. This study used a qualitative descriptive method. The data source in this study is the Beauty advertisement contained in the Oriflame catalog and the research data in this study is in the form of written data obtained from observations in the September 2020 edition of the Oriflame catalog. Data collection was carried out using two techniques, namely the documentation technique and the note taking technique. . The process of analyzing data in this study was carried out using descriptive analysis techniques adapted to the study of sociolinguistics, so that in this study the results were obtained in the form of data on the variety of languages and language functions. The results of this study, there are 32 data on the variety of women's languages and 34 data on language functions. The language variety data is divided into 9 data on language varieties using adjectives, 8 data in the form of language varieties with the form of subtle expressions, and 15 data which are language variants in the form of descriptions, while the language function data is divided into 12 data with language functions in a directive, 20 informative language function data and 2 language function data metalingually.
Keywords: Oriflame Catalog, language variety and language funcition.