PENGEREMAN DINAMIK DENGAN ZERO SPEED SWITCH SEBAGAI PENGENDALI MOTOR INDUKSI 3 FASA
DYNAMIC BRAKING WITH ZERO SPEED SWITCH AS A 3 PHASE INDUCTION MOTOR CONTROL
Motor induksi tiga fasa banyak digunakan dalam dunia industri sebagai penggerak beban, karena memiliki kontruksi yang kokoh dan mudah dalam pengoprasiannya. Dalam pengoprasian motor induksi tiga fasa, pengereman merupakan salah satu faktor yang diperhatikan dan dibutuhkan waktu yang cepat dan efisien untuk menghentikan putaran motor. Untuk menghentikan putaran motor dapat dilakukan dengan metode pengereman dinamik, yang dilakukan dengan menginjeksikan arus searah (dc) kedalam kumparan stator. Namun untuk pengereman dinamik injeksi arus searah sendiri masih memerlukan cara pengontrolan yang efektif. Oleh karena itu dalam menulis artikel ini penulis bertujuan ingin mengetahui tingkat keefisienan dari metode pengereman dinamik, yang dikombinasikan dengan rangkain zero speed switch. Dari penelitian Penambahan dari zero speed switch sendiri bertujuan untuk mempermudah dan mempercepat dalam proses pengereman. Penelitian kali ini menggunakan pendekatan kuantitatif yang menjadikan angka sebagai tujuan akhir Berdasarkan hasil yang didapatkan dari percobaan dengan menginjeksikan arus dc 1A dengan beban dari generator 100 watt motor dapat berhenti 4.9 detik, dan untuk penginjeksian arus dc 2.2A dengan beban dari generator 100 watt motor dapat berhenti dalam waktu 4.4 detik. Kemudian hasil dari pengereman menggunakan plugging dengan zero speed switch motor dapat berhenti dalam waktu 14 detik. Zero speed switch sendiri merupakan timer sehingga ketika dikombinasikan dengan pengereman dinamik dapat di atur sesuai keinginan sehingga mendapatkan waktu pengereman (Berhentinya Motor) yang lebih cepat dan efektif.
Kata Kunci : Motor Induksi, Pengereman Dinamik, Zero Speed Switch
Three-phase induction motor is widely used in the industrial world as a load driver, because it has a sturdy construction and easy to operate. In the operation of three phase induction motors, braking is one of the factors considered and it takes a fast and efficient time to pass the rotation of the motor. To stop the motor rotation can be done by the method of dynamic braking, which is done by injecting direct current (DC) into the stator coil. However, for dynamic braking, direct current injection itself still needs effective control methods. Therefore, in writing this article the author wants to find the level of efficiency of the dynamic braking method, combined with a zero speed switch sequence. From research Addition of the zero speed switch itself to simplify and improve the braking process. This study uses quantitative publications that contain the final decision of the results obtained from the study by injecting a dc current 1A with a load of a 100 watt generator the motor can stop 4.9 seconds, and for injection of a 2.2A dc current with a load of a 100 watt generator the motor can stop within 4.4 seconds. Then the result of braking using plugging with zero motor speed switch can stop within 14 seconds. Zero speed switch itself is a timer so that compilation with dynamic braking can be set according to the desire to get braking (Stop the Motor) which is faster and more effective.
Keywords : Induction Motor, Dynamic Braking, Zero Speed Switch