Berdasarkan hasil studi pendahuluan yang dilakukan di SMA Negeri 7 Surabaya, ditemukan sekolah tersebut mempunyai keberagaman etnis disana. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui karakteristik perencaaan karir pada peserta didik, faktor-faktor yang mempengaruhi perencanaan karir, dan permasalahan tentang perencanaan karir. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kualitatif dengan rancangan penelitian deskriptif kualitatif dengan subyek 3 siswa dan 3 orang tua siswa dari setiap etnis yang diteliti yaitu Etnis Jawa, Etnis Arab, dan Etnis Madura. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu observasi, wawancara terstuktur, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah triangulasi.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa siswa dengan Etnis Jawa dan Etnis Arab masih belum mampu mengetahui beberapa karakteristik perencanaan karirnya. Sedangkan siswa dengan Etnis Madura mempunyai kesiapan dan mampu mengetahui karakteristik perencanaan karirnya lebih baik. Faktor keluarga dan pengaruh Etnis yang dipercaya didalam keluarga tersebut cukup berpengaruh, terutama untuk etnis Arab dan Etnis Madura. untuk siswa dari Etnis Jawa lebih berpengaruh di faktor internal dalam perencanaan karirnya masing-masing. Permasalahan yang ditemukan adalah semua siswa masih belum mendapatkan tempat mereka untuk meneruskan studi lnajut. Mereka masih menunggu pengumuman SBMPTN. Namun untuk siswa dari Etnis Jawa an Etnis Madura sudah mempunya rencana lain jika mereka tidak lolos SBMPTN
Based on preliminary study conducted at High School 7 Surabaya , found the school has ethnic diversity there . This study aims to find out characteristics of career planning in learners, factors affecting career planning, and career planning issues. This research uses qualitative research type with descriptive qualitative research design with subjects 3 students and 3 parents of students from every ethnic studied are Javanese, Arabic, and Madurese Ethnic . Data collection techniques used are observation, structured interviews, and documentation. Data analysis technique used is triangulation .
The result of the research indicates thats students with Javanese and Arabic ethnic are not able to know some of the characteristics of their career planning. While students with Madurese ethnic have readiness and able to know the characteristics of career planning better. Family factors and believed influences ethnic in the family are quite influential, especially for Arabic and Madurese ethnic. For students from Javanese are more influential in internal factors in their respective career plans. The problem is that all students still have not got their place to continue to the university . They are still awaiting SBMPTN announcement. But for students from Javanese, and Madurese ethnic groups already have other plans if they do not pass SBMPTN.