Pengembangan Instrumen Penilaian Afektif Pada Mata Pelajaran Ekonomi Tingkat SMA
Development of Affective Assessment Instruments in Economics at the High School Level
Tujuan penelitian ini dibuat adalah untuk menghasilkan instrumen penilaian pada ranah afektif yang valid dan reliabel dalam mengukur kemampuan afektif siswa SMA/MA pada mata pelajaran Ekonomi. Pengembangan yang digunakan merupakan metode pengembangan Borg & Gall yang terdiri atas potensi dan masalah, pengumpulan data, desain produk, validasi desain, revisi produk, uji coba produk, revisi produk, dan uji coba pemakaian. Hasil penelitian menunjukkan bahwa 40 soal valid dan reliabel dengan hasil nilai validitas dari tiap soal lebih dari 0.2306 dan reliabilitas sebesar 0.905. Peneliti menyimpulkan bahwa instrumen penilaian ranah afektif yang dikembangkan ini memiliki validitas yang baik dan memiliki koefisien reliabilitas internal yang sangat tinggi.
Kata kunci : instrumen penilaian; penilaian afektif; ekonomi
The purpose of this study was to produce a valid and reliable affective assessment instrument in measuring the affective ability of high school students in Economics. The development used is the Borg & Gall development method which consists of potential and problems, data collection, product design, design validation, product revision, product testing, product revision, and usage testing. The results showed that 40 questions were valid and reliable with the result that the validity value of each question was more than 0.2306 and the reliability was 0.905. The researcher concludes that the developed affective domain assessment instrument has good validity and has a very high internal reliability coefficient.
Keyword : affective assessment; instrument; economy