REBRANDING LOGO KOMUNITAS DAKWAH NGECAS IMAN LAMONGAN
REBRANDING OF THE NGECAS IMAN DAKWAH COMMUNITY LOGO
LAMONGAN
Komunitas Ngecas Iman merupakan komunitas yang bergerak dalam bidang dakwah Islam yang sudah berkegiatan selama kurang lebih 5 tahun. Permasalahan yang dihadapi komunitas Ngecas Iman yaitu kurangnya eksistensi terhadap identitas visual dari komunitas Ngecas Iman pada masyarakat disekitar wilayahnya. Perkembangan zaman yang sangat cepat memengaruhi berbagai bidang, termasuk diantaranya adalah dakwah islam yang diterapkan di komunitas Ngecas Iman. Rebranding logo ini bertujuan untuk mengangkat kembali identitas visual dari komunitas Ngecas Iman Lamongan dengan kebijkan redefining, yaitu tidak mengubah nama merek namun mengubah bentuk elemen visualnya. Dengan penerapan gaya modern, sederhana, simpel, dan dapat mudah di pahami. Metode perancangan menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif yang meliputi pengumpulan data verbal maupun data visual. Sedangkan analisis data mengunakan analisis STP segmentasi, target, dan positioning. Perubahan identitas visual dari komunitas Ngecas Iman yang dulu dan dari hasil perancangan terlihat sangat segnifikan, guna untuk mewujudkan tujuan dari perancangan kali ini dan menambah value untuk komunitas Ngecas Iman. Dengan hasil rancangan berupa Graphic Standar Manual (GSM) yang berguna untuk menetapkan ketentuan-ketentuan mengenai penggunaan dan penerapan logo komunitas Ngecas Iman yang baru.
The Ngecas Iman Community is a community engaged in Islamic da'wah which has been active for approximately 5 years. The problem faced by the Ngecas Iman community is the lack of existence of the visual identity of the Ngecas Iman community in the community around its area. The rapid development of the times affects various fields, including the Islamic dakwah applied in the Ngecas Iman community. This logo rebranding aims to bring back the visual identity of the Ngecas Iman Lamongan community with a redefining policy, namely not changing the brand name but changing the shape of the visual elements. With the application of a modern style, simple, simple, and easy to understand. The design method uses a qualitative descriptive approach which includes the collection of verbal data and visual data. While the data analysis using STP segmentation, target, and positioning analysis. The change in the visual identity of the former Ngecas Iman community and the results of the design looks very significant, in order to realize the goals of this design and add value to the Ngecas Iman community. With the design result in the form of a Graphic Standard Manual (GSM) which is useful for establishing provisions regarding the use and application of the new Ngecas Iman community logo.