PERANCANGAN RE-BRANDING IDENTITAS VISUAL KOPI TOTALITAS DI SURABAYA
RE-BRANDING DESIGN VISUAL IDENTITY OF KOPI TOTALITAS IN SURABAYA
Kopi Totalitas merupakan sebuah coffee shop yang terletak di kawasan Ngagel, Surabaya. Berdasarkan hasil analisis kebutuhan, permasalahan utama yang dimiliki oleh coffee shop adalah citra brand. Terbatasnya jangkauan pasar oleh faktor persaingan yang tidak kompetitif sehingga mengakibatkan pada penurunan minat konsumen yang berkunjung. Hal itu membuat pemilik dari brand tersebut memutuskan untuk mengganti identitasnya menjadi Kopi Totalitas agar dapat menjangkau target pasar yang lebih luas. Perancangan Re-branding Identitas Visual Kopi Totalitas di Surabaya ini bertujuan untuk membangun brand baru serta merancang aplikasi media yang digunakan sebagai penunjang proses re-branding. Perancangan re-branding ini menggunakan metode kualitatif dengan analisis SWOT dan STP yang digunakan untuk mengevaluasi dan memilih segmentasi pasar. Hasil dalam re- branding identitas visual perusahaan ini adalah perubahan pada logo yang disesuaikan dengan fungsi dan target market yang telah ditentukan. Logo divisualkan dalam media berupa; Botol plastik, papercup, apron, signboard, dan paperbag.
Kopi Totalitas is a coffee shop located in the Ngagel area, Surabaya. In the previous brand there was a problem with the brand image so that the market reach it had was very limited, it made the owner of the brand decide to change its identity to Totalitas Coffee in order to reach a wider market. Re- branding Design Visual Identity of Kopi Totalitas in Surabaya aims to build a new brand and design media applications that are used to support the re-branding process. This re-branding design uses SWOT and STP analysis methods which are used to find and select market segmentation. Based on the analysis, the main problem that coffee shops have is the brand image caused by uncompetitive market competition factors, resulting in a decrease in consumer interest in visiting. The result of this visual identity re- branding, is a change in the company logo which was developed and adapted to the function and target market that has been determined. Logo visualized in the form of media; Plastic Botle, papercup, apron, signboard and paperbag.