PENERAPAN MEDIA PEMBELAJARAN AUDIO VISUAL BERBASIS TIKTOK TERHADAP HASIL BELAJAR PASSING BAWAH PERMAINAN BOLAVOLI KELAS XI SMAN 1 WIDODAREN
APPLICATION OF AUDIO VISUAL LEARNING MEDIA BASED ON THE TIKTOK ON LEARNING OUTCOMES OF BOTTOM PASSING IN CLASS XI VOLLEYBALL GAMES OF SMAN 1 WIDODAREN
ABSTRAK
Nama : Vinka Rachmalia Kusuma Sarifuddin
NIM : 20060464064
Program Studi Fakultas S-1 Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi
Pembimbing : Vega Candra Dinata, S.Pd., M.Pd
PJOK merupakan bagian penting dari pendidikan karena bertujuan untuk meningkatkan kebugaran fisik, pemikiran kritis, keterampilan sosial, penalaran, stabilitas, tindakan moral, pola hidup sehat, dan keterampilan gerak. Sebagai guru PJOK harus mampu mengajarkan berbagai keterampilan gerak dasar, permainan dan olahraga, serta nilai-nilai olahragawan, kejujuran, kerja sama dan membiasakan perilaku yang baik di masyarakat. Pengembangan pengetahuan, penalaran, dan emosional, adalah tujuan pembelajaran PJOK. Salah satu pembelajaran PJOK yang diajarkan pada 2 hampir setiap jenjang pendidikan dasar adalah permainan bola voli. Siring dengan perkembangan zaman dan kemajuan teknologi, banyak media sosial yang dapat dimanfaatkan sebagai kegiatan pembelajaran seperti aplikasi TikTok. Penelitian ini bermetode True Experiment Design . Penelitian ini berdesain two group pretest-posttest design. Populasi penelitian ini ialah seluruh murid kelas XI SMAN 1 Widodaren dengan sampel yang dipakai pada penelitian ini ialah siswa kelas XI D dan XI E. Hasil hitungan statistik menampilkan bahwa dengan peneraoan media pembelajaran audio visual berbasis TikTok pada hasil belajar passing bawah bolavoli kelas XI SMAN ii 1 Widodaren adanya pengaruh yang signifikan pada peningkatan hasil belajar siswa. Hal itu ditunjukkan melalui hasil uji T Dependent atau paired sample t test yakni diperoeh nilai sig. 0,00 < 0,05 yang artinya ada perbedaan yang signifikan pada pelaksanaan treatment. Selain itu dari hasil yang diperoleh bahwa hasil belajar passing bawah siswa mengalami peningkatan yang besarnya 38,9% untuk hasil tes keterampilan dan 1,37% untuk hasil tes pengetahuan. Kata Kunci: Media Pembelajaran, TikTok.
ABSTRACK
Name : Vinka Rachmalia Kusuma Sarifuddin
NIM : 20060464065
Study Program : S-1 Physical Education, Health, and, Recreation
Faculty : Faculty of Sport and Health Sciences
Nama Lembaga : State University of Surabaya
Supervisor : Vega Candra Dinata, S.Pd., M.Pd
Physical Education is an important part of education because it aims to improve physical fitness, critical thinking, social skills, reasoning, stability, moral actions, healthy lifestyles, and motor skills. As a Physical Education teacher, you must be able to teach various basic movement skills, games and sports, as well as the values of athletes, honesty, cooperation and getting used to good behavior in society. The development of knowledge, reasoning, and emotions are the goals of Physical Education learning. One of the Physical Education learning that is taught at almost every level of elementary education is volleyball. Along with the development of the era and technological advances, many social media can be used as learning activities such as the TikTok application. This study uses the True Experiment Design method. This study has a two-group pretest-posttest design. The population of this study was all students of class XI SMAN 1 Widodaren with the sample used in this study being students of class XI D and XI E. The results of statistical calculations show that with the implementation of audio-visual learning media based on the TikTok application on the learning outcomes of passing underhand in volleyball games of class XI SMAN 1 Widodaren, there is a significant influence on improving student learning outcomes. This is shown through the results of the T Dependent test or paired sample t test, namely the sig value obtained. 0.00 <0.05, which means that there is a significant iv difference in the implementation of the treatment. In addition, from the results obtained, the results of students' lower passing learning experienced an increase of 38,9% for the results of the skills test and 1,375% for the results of the knowledge test. Keywords: Learning Media, TikTok.