Keterampilan berbahasa merupakan salah satu aspek yang memengaruhi kehidupan anak. Mengembangkan keterampilan berbahasa anak dapat melalui kegiatan yang berkaitan dengan kemampuan keaksaraan. Kemampuan keaksaraan anak merupakan kesanggupan anak dalam memahami sesuatu yang bersifat simbol visual dan merujuk pada kesadaran huruf, kata, serta makna.
Kemampuan keaksaraan anak pada penelitian ini dikembangkan dan diasah dengan cara yang menyenangkan, yaitu bermain menggunakan papan permainan kata (paperta). Papan permainan kata (paperta) merupakan papan permainan yang setiap pemain harus menyusun potongan kartu huruf menjadi kata yang sesuai dengan gambar pada blok jalan yang didapatkan dalam papan yang telah disediakan.
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh yang ditimbulkan sebelum dan setelah adanya penerapan papan permainan kata (paperta) dalam kegiatan pengembangan kemampuan keaksaraan anak kelompok B usia 5-6 tahun di TK Aisyiyah Bustanul Athfal 25 Surabaya tahun ajaran 2018/2019.
Metode penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dan desain penelitian Pre-Experimental Designs dengan bentuk One-Group Pretest-Posttest Design. Sasaran dalam penelitian ini adalah kelompok B di TK Aisyiyah Bustanul Athfal 25 Surabaya. Data dikumpulkan dengan menggunakan teknik observasi non partisipan dan dokumentasi. Analisis data menggunakan statistik non parametrik dengan uji jenjang bertanda Wilcoxon.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa sebelum adanya pemberian perlakuan diperoleh rata-rata 7,5 sedangkan sesudah adanya pemberian perlakuan diperoleh rata-rata 11,7. Hasil uji jenjang bertanda Wilcoxon diperoleh T hitung = 0 dengan T tabel = 21 sehingga T hitung < T tabel, yaitu 0 < 21. Hal tersebut menjelaskan bahwa adanya pengaruh papan permainan kata (paperta) terhadap kemampuan keaksaraan anak kelompok B usia 5-6 tahun di TK Aisyiyah Bustanul Athfal 25 Surabaya.
Kata kunci : papan permainan, paperta, keaksaraan
Language skills are one of the aspects that affect a child's life. Developing children's language skills can be done through activities related to literacy skills. Children's literacy skill is the child's ability to understand something that is a visual symbol and refers to the awareness of letters, words, and meanings.
The literacy skills of children in this study were developed and honed in a fun way, namely playing using the word board games (paperta). The word board games (paperta) is a game board that each player must arrange the pieces of letter cards into words that match the image on the road blocks obtained in the board provided.
This study aims to determine the effect that was caused before and after the application of the word board games (paperta) in literacy skills building activities for children in group B aged 5-6 years at Aisyiyah Bustanul Athfal 25 Kindergarden Surabaya academic year 2018/2019.
The method used in this research was quantitative approach and Pre-Experimental Designs research design in the form of One-Group Pretest-Posttest Design. The target in this study was group B at Aisyiyah Bustanul Athfal 25 Kindergarden Surabaya. Data was collected using non-participant observation techniques and documentation while the data analysis used was non-parametric statistics with a level test marked Wilcoxon.
The results showed that before the treatment given, it was obtained an average of 7.5 while after the treatment given it was obtained an average of 11.7. The results of the level test marked Wilcoxon obtained T count = 0 with T table = 21 so that T count <T table, which is 0 <21. This explains that there is an effect of the word board games (paperta) on literacy skills of children in group B aged 5-6 years at Aisyiyah Bustanul Athfal 25 Kindergarden Surabaya.
Keywords: board games, paperta, literacy