PENGARUH PENERAPAN PERMAINAN KECIL TERHADAP PARTISIPASI GERAK AKTIF SISWA DALAM PEMBELAJARAN PJOK PADA SISWA SMA KEMALA BHAYANGKARI 1 SURABAYA
THE INFLUENCE OF IMPLEMENTING SMALL GAMES ON STUDENTS' ACTIVE MOVEMENT PARTICIPATION IN PJOK LEARNING IN CLASS X STUDENTS OF SMA KEMALA BHAYANGKARI 1 SURABAYA
ABSTRAK
PENGARUH PENERAPAN PERMAINAN KECIL TERHADAP PARTISIPASI GERAK AKTIF SISWA DALAM PEMBELAJARAN PJOK PADA SISWA KELAS X SMA KEMALA BHAYANGKARI 1 SURABAYA
Nama : Adistya Prima Firnanda
NIM : 20060464150
Prodi : S – 1 Pendidikan Jasmani Kesehatan Dan Rekreasi
Fakultas : Ilmu Keolahragaan Dan Kesehatan
Nama Lembaga : Universitas Negeri Surabaya
Pembimbing : Dony Andrijanto, S.Pd., M.Kes.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas penerapan permainan kecil terhadap partisipasi aktif siswa dalam pembelajaran PJOK pada siswa kelas X SMA Kemala Bhayangkari 1 Surabaya. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dan metode yang digunakan pada penelitian ini adalah eksperimen semu(Quasi Eksperimen). Desain yang digunakan dalam penelitian ini yaitu one group Pre-test- post-test. Sampel pada penelitian ini adalah siswa kelas X-9 SMA Kemala Bhayangkari 1 Surabaya. Teknik pengumpulan data menggunakan metode pengisian angket. Data diperoleh dengan cara mengisi angket partisipasi sebelum dan sesudah diberikan treatment. Teknik analisis data menggunakan uji normalitas, uji T, dan uji peningkatan (persentase). Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat peningkatan partisipasi gerak aktif siswa setelah mendapat treatment permainan kecil. Berdasarkan analisis data melalui paired sample T-test yang dilihat melalui nilai T hitung dengan t-tabel sebesar 9,178 > 1,697 dan nilai signifikansi 0,000 < 0,05, maka H0 ditolak dan Ha diterima, sehingga terdapat perbedaan partisipasi gerak aktif siswa saat sebelum dan sesudah melakukan treatment permainan kecil. Persentase kenaikan partisipasi gerak aktif siswa menggunakan metode permainan kecil berada dalam kategori rendah yaitu 27,97%.
Kata kunci: Permainan kecil, Partisipasi, Gerak
ABSTRACT
Name : Adistya Prima Firnanda
Study Program : S – 1 Physical Education, Health and Recreation
Faculty : Sports and Health Sciences
Name of Institution : Surabaya State University
Supervisor : Dony Andrijanto, S.Pd., M.Kes.
This research aims to determine the effectiveness of implementing small games on students' active participation in PJOK learning in class X SMA Kemala Bhayangkari 1 Surabaya. This research uses a quantitative approach and the method used in this research is quasi-experiment. The design used in this research is one group pre-test-post-test. The sample in this study were students in class X-9 of SMA Kemala Bhayangkari 1 Surabaya. The data collection technique uses a questionnaire method. Data was obtained by filling out a participation questionnaire before and after treatment was given. Data analysis techniques use the normality test, T test, and increase test (percentage). The results of this research show that there is an increase in students' active movement participation after receiving small game treatment. Based on data analysis through paired sample T-test which can be seen through the t-count value with t-table of 9.178 > 1.697 and a significance value of 0.000 < 0.05, then H0 is rejected and Ha is accepted, so there is a difference in students' active movement participation before and after doing small game treatment. The percentage increase in students' active movement participation using the small game method is in the low category, namely 27.97%.
Keywords: Small Games, Participation, Motion