Peta Konsep Dan Miskonsepsi Materi Bangun Datar Segi Empat
Concept Map And Misconceptions Of On The Material Of Quadrilaterals
Geometri merupakan salah satu cabang matematika yang dipelajari di semua jenjang pendidikan dan sering ditemui di kehidupan sehari-hari namun peserta didik sering mengalami kesalahan konsep dasar atau yang biasa disebut miskonsepsi, dan hal ini tidak seharusnya dibiarkan melainkan harus dibimbing dengan strategi yang tepat. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan penggunaan peta konsep untuk mengatasi miskonsepsi peserta didik pada materi bangun datar segiempat.Penelitian ini menggunakan penelitian tindakan dengan empat subjek kelas VII SMP yang mengalami miskonsepsi yang berbeda. Untuk mengatasinya peserta didik membuat peta konsep bangun datar segi empat dengan tujuan peserta didik memahami unsur-unsur bangun datar, seperti sudut, sisi, Diagonal serta menggambarkan bentuk segiempat tersebut. Hasil penelitian menunjukkan keempat peserta didik masih mengalami miskonsepsi yang hampir sama dengan miskonsepsi sebelumnya. Penjelasan tentang peta konsep yang kurang mendalam dan hanya dikenalkan sekali saja membuat peta konsep yang dibuat peserta didik kurang berpengaruh dalam mengatasi miskonsepsi.
Kata Kunci : Miskonsepsi, Peta Konsep, Bangun Datar Segiempat
Geometry is one of the branches of mathematics that was studied at all levels of education and was often encountered in everyday life, but students often experience basic concept errors or what are called misconceptions, and this should not be ignored but must be guided with the right strategy. This study aims to describe the use of concept maps to overcome students' misconceptions on the material of quadrilaterals. This research uses action research with four subjects of class VII SMP who experience different misconceptions. To overcome this, students make a concept map of a rectangular flat shape with the aim that students understand the elements of a flat shape, such as angles, sides, diagonals and describe the shape of the quadrilateral. The results showed that the four students still experienced misconceptions that were almost the same as the previous misconceptions. An explanation of a concept map that is less in-depth and only introduced once makes a concept map made by students less influential in overcoming misconceptions.
Keywords: Misconceptions, Concept Maps, Quadrilateral Shapes