Berdasarkan permasalahan yang terjadi di SMK Yapalis Krian yang merupakan hasil dari observasi awal oleh peneliti diketahui bahwa siswa belum mampu menganalisis materi tentang tata cahaya dalam pengambilan gambar, hal ini dikarenakan penyampaian materi menganalisis tata cahaya dalam pengambilan gambar hanya menggunakan buku ajar kurikulum 2013 dan power point, sehingga siswa belum mampu belajar secara mandiri dan belum mampu mengetahui kemampuan belajarnya sendiri. Berdasarkan analisis kebutuhan mengenai masalah yang ada, maka dibutuhkan pengembangan media Computer Assisted Instruction pada materi tata cahaya dalam pengambilan gambar. Media Computer Assisted Instruction memiliki kelebihan untuk pembelajaran yaitu dapat memungkinkan siswa belajar sesuai dengan kemampuan dan kecepatannya dalam memahami pengetahuan dan informasi yang ditayangkan, membuat siswa dapat melakukan kontrol terhadap aktivitas belajarnya, memiliki kemampuan untuk menayangkan kembali informasi yang diperlukan pemakainya, dapat menciptakan iklim belajar yang efektif bagi siswa yang lambat tetapi juga dapat memacu efektifitas belajar bagi siswa yang lebih cepat.
Tujuan dari pengembangan ini adalah untuk menghasilkan produk Computer Assisted Instruction untuk materi tata cahaya dalam pengambilan gambar mata pelajaran desain grafis percetakan serta untuk mengetahui kelayakan serta keefektifan dari media Computer Assisted Instruction untuk materi tata cahaya dalam pengambilan gambar mata pelajaran desain grafis percetakan. Model pengembangan yang digunakan adalah DDD-E oleh Ivers dan Baron (2002) dengan subjek penelitian kelas XI multimedia SMK Yapalis Krian. Data dikumpulkan melalui instrumen kelayakan rencana pelaksanaan pembelajaran, intrumen kelayakan materi, instrumen kelayakan media, validitas dan reliabilitas butir soal, homogenitas serta normalitas.
Hasil uji kelayakan rencana pelaksanaan pembelajaran (90,47) menunjukkan kategori baik dan layak digunakan. Uji kelayakan materi oleh ahli materi I (91) dan ahli materi II (91) mennjukkan kategori sangat baik dan layak digunakan. Uji kelayakan maedia oleh ahli media I (89) dan ahli media II (81) menunjukkan kategori baik dan layak digunakan. Media Computer Assisted Instruction dinyatakan efektif berdasarkan hasil perbandingan uji t diketahui thitung lebih besar dari ttabel dengan perbandingan angka 2,310 > 1,990.
Kata kunci: Pengembangan, computer assisted instruction, tata cahaya dalam pengambilan gambar
Based on the problems that occur in SMK Yapalis Krian which are the results of initial observations by researchers it is known that students have not been able to analyze the material about lighting in picture taking, its because of the teach of material analyzing only using 2013 curriculum textbooks and power point media. So that, students have not be able to know their own learning, abilities. Based on the needs analysis of the existing problems, it takes the development of computer assisted instruction media about lighting in picture taking. Computer assisted instructuction media has advantages for learning which can enable students to learn according to their abilities and learning speed, able to control their learning activities, to redisplay the information needed by users, can create a learning effective for students who are slow but can also spur learning effectiveness for students who are faster.
The purpose of development is to produce computer assisted instruction products for lighting materials in taking pictures of printing graphic design subjects and to determine the feasibility and effectiveness of computer assisted instruction media for lighting materials in taking picture of printing graphic design subjects. The development model used is the DDD-E by Ivers and Baron (2002) with research subjects in the XI multimedia class of SMK Yapalis Krian. Data were collected through the feasibility instrument of the implementation of items, homogeneity annd normality.
The results of the feasibility test for the implementation of the learning plan (90,47) showed good. The material feasibility test by material expert I and II are (91) showed very good. The feasibility test by media expert I (89) and media expert II (81) showed good. Computer assisted instruction media is effective based on the results of a t-test is greater than t-table with a ratio of 2,310 > 1,990.
Keywords: Development, computer assisted instruction, lighting in picture taking