PENGARUH BAURAN KOMUNIKASI PEMASARAN TERHADAP KEPUTUSAN SISWA MEMILIH SMA Al HIKMAH SURABAYA
INFLUENCE OF MARKETING COMMUNICATION CHANGES ON STUDENT DECISIONS TO CHOOSE Al HIKMAH HIGH SCHOOL SURABAYA
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh bauran komunikasi pemasaran terhadap keputusan siswa memilih SMA Al Hikmah Surabaya. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif deskriptif, dengan metode survey melalui kuesioner. Data yang diperoleh dianalisis menggunakan program SPSS. Sampel yang digunakan sebanyak 59 siswa. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa bauran komunikasi pemasaran yang meliputi periklanan, promosi penjualan, hubungan masyarakat dan publisitas, penjualan personal atau pribadi, pemasaran langsung, acara dan pengalaman, pemasaran interaktif, dan pemasaran dari mulut ke mulut mempunyai pengaruh signifikan secara simultan terhadap keputusan siswa memilih SMA Al Hikmah Surabaya dengan menghasilkan F statistik (7,033) > F tabel (2,130). Secara parsial bauran komunikasi pemasaran dimensi pemasaran dari mulut ke mulut mempunyai pengaruh signifikan terhadap keputusan siswa memilih SMA Al Hikmah Surabaya dengan menghasilkan T statistik (2,169) > T tabel (2,009). Dimensi periklanan memiliki pengaruh berlawanan, yang artinya diperlukan evaluasi terkait penggunaan media brosur. Sedangkan bauran komunikasi pemasaran lainnya meliputi promosi penjualan, hubungan masyarakat dan publisitas, penjualan personal atau pribadi, pemasaran langsung, acara dan pengalaman, dan pemasaran interaktif mempunyai pengaruh yang tidak signifikan terhadap keputusan siswa memilih SMA Al Hikmah Surabaya. Acara dan pengalaman merupakan dimensi paling dominan dan berkaitan dengan kegiatan yang diadakan pihak sekolah, menghasilkan standardized coefficients sebesar 0,264.
This study aims to determine the effect of marketing communication mix on students' decisions to choose Al Hikmah Surabaya High School. This research is descriptive quantitative research, with a survey method through a questionnaire. The data obtained was analyzed using the SPSS program. The sample used was 59 students. The results of this study indicate that the marketing communication mix which includes advertising, sales promotion, public relations and publicity, personal or personal selling, direct marketing, events and experiences, interactive marketing, and word of mouth marketing has a significant influence simultaneously on students' decisions to choose Al Hikmah Surabaya High School by producing F statistics (7.033) > F table (2.130). Partially, the marketing communication mix in the word of mouth marketing dimension has a significant influence on students' decisions to choose Al Hikmah Surabaya High School by producing T statistics (2.169) > T table (2.009). The advertising dimension has an opposite effect, which means that an evaluation is needed regarding the use of brochure media. While other marketing communication mixes include sales promotion, public relations and publicity, personal or personal selling, direct marketing, events and experiences, and interactive marketing have an insignificant influence on students' decisions to choose Al Hikmah Surabaya High School. Events and experiences are the most dominant dimensions and are related to activities held by the school, producing standardized coefficients of 0.264.