PENERAPAN VARIASI MELODI DALAM KARYA "SANG PENDAKI"
APPLICATION OF MELODIC VARIATIONS IN THE MUSIC WORK "SANG PENDAKI"
Karya musik “Sang Pendaki” merupakan sebuah komposisi musik jenis programmatic, yang mengangkat fenomena tentang semangat seorang pendaki dengan segala kekuatan fisik dan batinnya untuk selalu siap mengarungi berbagai macam halangan dan rintangan. Karena dunia yang dipijak manusia ibarat sebuah gunung yang harus didaki untuk mencapai segala puncak pengharapan. Karya musik tersebut secara keseluruhan merupakan karya musik yang mengutamakan langkah pengembangan melodi utama dengan menggunakan teori variasi melodi. Beberapa teori variasi melodi yang digunakan adalah Melodic Variation and Fake, Cliché, Dead Spot Filler dan Filler Like Obligato. Metode dalam perwujudan karya melalui proses tahapan rangsangan awal yang memperhitungkan rangsangan auditif dan visual, kemudian menentukan konsep penciptaan dan menyusun komposisi instrumen. Setelah tahap tersebut dilaksanakan, selanjutnya adalah pembentukan tata teknik pentas dan memulai proses penciptaan, melalui eksplorasi kerja studio, analisis dan evaluasi, serta menyampaikan materi kekaryaan kepada para pemain, agar karya dapat sesuai dengan konsep karya musik “Sang Pendaki” yang telah disusun.
The musical work “Sang Pendaki” is a programmatic type of musical composition, which raises the phenomenon of the spirit of a climber with all his physical and mental strength to always be ready to wade through various kinds of obstacles and obstacles. Because the world that humans step on is like a mountain that must be climbed to reach all the peaks of hope. Overall, this piece of music is a piece of music that prioritizes the steps of developing the main melody by using the theory of melodic variation. Several theories of melody variation used are Melodic Variation and Fake, Cliché, Dead Spot Filler and Filler Like Obligato. The method in the embodiment of the work goes through a process of initial stimulation stages that takes into account auditory and visual stimuli, then determines the concept of creation and composes the composition of the instrument. After this stage is carried out, the next step is the formation of a stage technique and starting the creation process, through studio work exploration, analysis and evaluation, as well as conveying creative materials to the players, so that the work can be in accordance with the concept of the musical "Sang Pendaki" that has been composed.