PENERAPAN PEMILIHAN KATA DALAM KARYA MEDIA IKLAN ECOBITES
APPLICATION OF WORD CHOICE IN ECOBITES ADVERTISING MEDIA WORKS
Iklan menjadi media konsumen mengenal produk sehingga tertarik membeli produk tersebut. Untuk membentuk media iklan yang efektif diperlukan penerapan pemilihan kata. Pemilihan kata terkait dengan media iklan produk ramah lingkungan seperti ECOBITES menarik dikaji terkait pesan dan tujuan persuasifnya. ECOBITES merupakan produk peralatan makan (piring, mangkok, sendok dan garpu) dari pelepah pisang dan ampas tahu. Bersifat dapat didaur ulang secara alami (biodegradable) dan aman dimakan (edible). Tujuan penulisan tugas akhir ini adalah: (1) Mendeskripsikan proses produksi dan pemasaran produk ECOBITES, (2) Mendeskripsikan penerapan pemilihan kata dalam video iklan, kartu quotes bahasa Indonesia dan poster produk ECOBITES, dan (3) Mendeskripsikan peran pemilihan kata dalam media iklan bagi pemasaran ECOBITES.
Hasil dari penulisan tugas akhir ini menunjukkan bahwa: (1) Produksi ECOBITES terbagi menjadi tiga proses yakni: Pra-produksi, Produksi, dan Pasca-produksi. Bentuk media pemasaran yang digunakan yaitu pemasaran offline dan online.(2) Pada penerapan pemilihan kata dalam Video Iklan, salah satunya pemilihan kata “patah” yang bertujuan menimbulkan sugesti kaget, penerapan pemilihan kata dalam Kartu Quotes Bahasa Indonesia salah satu contoh penggunaan seperti kata “alam” yang bertujuan menyadarkan bahwa manusia hidup bergantung kepada alam, penerapan pemilihan kata dalam Poster Produk seperti pemilihan kata: “tersertifikasi” bertujuan agar konsumen yakin terhadap legalitas produk. (3) Peran pemilihan kata telah terbukti dalam meningkatkan jumlah kunjungan akun media sosial, meyakinkan masyarakat, mendorong kerja sama dan peningkatan penjualan produk.
Advertising is a medium for consumers to recognize products so that they are interested in buying these products. To form an effective advertising media, it is necessary to apply word selection. Word choice related to advertising media for environmentally friendly products such as ECOBITES is interesting to study related to its persuasive messages and objectives. ECOBITES is a tableware product (plate, bowl, spoon and fork) made from banana fronds and tofu pulp. It is biodegradable and edible. The objectives of writing this final project are: (1) to describe the production and marketing process of ECOBITES products, (2) to describe the application of word choice in advertising videos, Indonesian quotes cards and ECOBITES product posters, and (3) to describe the role of word choice in advertising media for ECOBITES marketing.
The results of this final project writing show that: (1) ECOBITES production is divided into three processes, namely: Pre-production, Production, and Post-production. The form of marketing media used is offline and online marketing. (2) In the application of word selection in Video Ads, one of them is the selection of the word “broken” which aims to cause shock suggestions, the application of word selection in Indonesian Quotes Cards is one example of using the word “nature” which aims to realize that humans live depend on nature, the application of word selection in Product Posters such as the selection of words: “certified” aims to make consumers confident in the legality of the product. (3) The role of word choice has been proven in increasing the number of social media account visits, convincing the public, encouraging cooperation and increasing product sales.