PEMBENTUKAN KARAKTER PADA ANAK USIA DINI MELALUI KEGIATAN RUANG KREATIF DI HOMESCHOOLING PENA SURABAYA
Nama
:
Reziana Firdaus
NIM
17010034020
Program Studi
S-1
Jurusan
Pendidikan Luar Sekolah
Fakultas
Fakultas Ilmu Pendidikan
Lembaga
Universitas Negeri Surabaya
Pembimbing
Prof. Dr.M.V. Roesminingsih
Pembentukan Karakter merupakan sebuah proses yang di lakukan Pendidikan untuk menanamkan nilai-nilai dasar karakter pada peserta didik dan mampu membangun karakter yang baik. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pembentukan karakter dan pembentukan nilai-nilai karakter pada anak usia dini melalui kegiatan Ruang kreatif di Homeschooling Pena Surabaya. Metode yang digunakan pada penelitian ini yaitu penelitian kualitatif deskriptif. Pengambilan data penelitian ini yaitu menggunakan observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan pada penelitian ini berupa reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa dalam proses pembelajaran di Homeschoolung Pena Surabaya muncul nilai-nilai karakter yang didalamnya yang meliputi (1) karakter mandiri ,tanggung jawab dan disiplin (2) karakter manghargai orang lain, percaya diri, dan jujur.
Kata Kunci: Pendidikan,Krakter,Homeschooling
ABSTRACT
CHARACTER FORMATION IN EARLY CHILDREN THROUGH CREATIVE SPACE ACTIVITIES AT PENA HOMESCHOOLING SURABAYA
Name : Reziana Firdaus
Student ID : 17010034020
Study Program : S-1
Dapertement : NonFormal Education
Faculty : Faculty of Education
Name of Institution : State University Of Surabaya
Supervisor : Prof. Dr.M.V. Roesminingsih
Character building is a process carried out by education to instill basic character values in students and be able to build good character. This study aims to determine the formation of character and the formation of character values in early childhood through creative space activities at Homeschooling Pena Surabaya. The method used in this research is descriptive qualitative research. Retrieval of research data is using observation, interviews and documentation. Data analysis techniques used in this study were data reduction, data presentation, and conclusion. The results of this study indicate that in the learning process at Homeschoolung Pena Surabaya, character values emerge which include (1) independent character, responsibility and discipline (2) respect for others, self-confidence, and honesty.
Keywords : Education, Character, Homeschooling