ABSTRAK
Royani , Peni . 2020. Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Cooperative Integrated Reading a nd Composition ( CIRC) Berbantu Teknik Mind mapping Untuk Meningkatkan Keterampilan Sosial Dan Hasil Belajar IPS Kelas V Sekolah Dasar . Tesis, Program Studi Pendidikan Dasar, Program Pascasarjana Universitas Negeri Surabaya, Pembimbing: (I) Prof. Dr. MV Roesminingsih, M.Pd , (2) Dr. H. Muhammad Turhan Yani, M.A.
Kata-kata Kunci : Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Cooperative Integrated Reading and Composition (CIRC), Mind mapping, Keterampilan Sosial, Hasil Belajar
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penerapan model pembelajaran kooperatif tipe CIRC dengan teknik mind mapping terhadap keterampilan sosial dan hasil belajar pada Pembelajaran IPS siswa kelas V SD materi peristiwa kebangsaan seputar Proklamasi Kemerdekaan RI. Penelitian ini dilaksanakan di SDN Simomulyo IV/101 Surabaya pada tahun pelajaran 2019/2020.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif. Jenis penelitian adalah penelitian kuasi eksperimen dengan nonequivalent (pretest and posttest) control group design . Penelitian ini menggunakan dua kelas yaitu siswa kelas 5A sebagai kelas kontrol dan siswa kelas 5B sebagai kelas eksperimen. Variabel penelitian adalah model pembelajaran kooperatif tipe CIRC, mind mapping, keterampilan sosial siswa, dan hasil belajar siswa. Instrumen penelitian yang digunakan adalah lembar observasi keterampilan sosial dan tes hasil belajar. Teknik analisis yang digunakan meliputi uji normalitas, uji homogenitas, dan uji independent sample t-test .
Hasil penelitian menunjukkan bahwa nilai normalized gain keterampilan sosial siswa kelas eksperimen adalah 0,70 dan kelas kontrol adalah 0,57. Nilai normalized gain hasil belajar siswa kelas eksperimen adalah 0,62 dan kelas kontrol adalah 0,38. Hasil uji independent samples t-test keterampilan sosial siswa menunjukkan bahwa t hitung (2,599) > t tabel (1,669) dengan df=62 dan taraf signifikansi 0,05. Hasil uji independent samples t-test hasil belajar siswa menunjukkan bahwa t hitung (6,766) > t tabel (1,669) dengan df=62 dan taraf signifikansi 0,05.
Berdasarkan hasil analisis data, dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran kooperatif tipe CIRC dengan teknik mind mapping berpengaruh terhadap keterampilan sosial dan hasil belajar siswa pada Pembelajaran IPS siswa kelas 5 SD.