Penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi pembelajaran laju reaksi dengan penataan kurikuler nested yang dipadukan dengan penataan kurikuler connected untuk meningkatkan keterampilan berpikir kritis peserta didik. Evaluasi pembelajaran didasarkan pada hasil pengumpulan data terhadap keterlaksaan pembelajaran, aktivitas peserta didik, hasil belajar peserta didik, keterampilan berpikir kritis peserta didik, dan respon peserta didik. Pembelajaran dilaksanakan dengan menggunakan model inkuiri ilmiah. Rancangan penelitian ini adalah one group pretest-posttest design yang termasuk dalam penelitian pra-eksprerimen. Subyek penelitian ini adalah peserta didik kelas X MIPA 8 SMAN 1 Manyar Gresik yang berjumlah 36 orang. Hasil penelitian menunjukkan bahwa keterlaksanaan pembelajaran laju reaksi dengan penataan kurikuler nested yang dipadukan dengan penataan kurikuler connected untuk meningkatkan keterampilan berpikir kritis peserta didik memiliki kategori nilai sangat baik dengan percentage of agreement sebesar ≥75% dan persentase nilai aktivitas peserta didik yang relevan lebih besar dari persentase aktivitas peserta didik yang tidak relevan sehingga memiliki kategori baik. Hasil belajar dan keterampilan berpikir kritis peserta didik mengalami peningkatan yang signifikan setelah dilakukan pembelajaran laju reaksi dengan penataan kurikuler nested yang dipadukan dengan penataan kurikuler connected menggunakan analisis uji t, namun terdapat beberapa peserta didik yang memperoleh nilai posttest di bawah wilayah nilai yang diharapkan. Pembelajaran laju reaksi dengan penataan kurikuler nested yang dipadukan dengan penataan kurikuler connected mendapat respon positif dari peserta didik sebesar 87,22% dengan pengumpulan data menggunakan angket respon.
Kata Kunci: Keterampilan Berpikir Kritis, Inkuiri, Nested, Connected.
Abstract. This study aims to evaluate a learning of reaction rates with nested curricular arrangement which is combined with connected curricular arrangement to improve critical thinking skills of the students. The evaluation of this study is based on the result of data collecting toward the implementation of learning, students’ activities, learning outcomes, critical thinking skills, and students’ responses. This study is conducted using scientific inquiry. The research design used in this study is one group pretest-posttest design including pre-experimental research. The subjects of this study are 36 X graders of MIPA 8 at SMAN 1 Manyar Gresik. The result of this study shows that the implementation of a learning of reaction rates with nested curricular arrangement which is combined with connected curricular arrangement to improve critical thinking skills of the students is in very high value category with percentage of agreement around ≥75% and value of the relevant students’ activity is greater than the percentage of the irrelevant students’ activity so that it has a better category. The students’ learning outcomes and critical thinking skills have significantly improved after conducting a learning about reaction rates with nested curricular arrangement which is combined with connected curricular arrangement which is analyzed using t-test. However, there are some students get post-test score under the expected standard value. This learning about reaction rates with nested curricular arrangement which is combined with connected curricular arrangement receives a positive responses from the students of 87, 22% by collecting data using a questionnaire response.
Keywords: Critical Thinking Skills, Inquiry, Nested, Connected.