NILAI DIDAKTIK DALAM NOVEL SITAYANA KARYA COK SAWITRI: PERSPEKTIF DIANE TILLMAN
Nilai didaktik adalah suatu hal yang berguna dalam memberikan suatu pengajaran kepada sesama manusia atau antara individu dengan lingkungannya. Novel Sitayana karya Cok Sawitri merupakan novel yang banyak memuat nilai didaktik sesuai dengan teori yang diungkapkan oleh Diane Tillman. Dengan begitu, fokus penelitian ini adalah mendeskripsikan nilai didaktik dan menentukan nilai didaktik yang dominan dalam novel Sitayana karya Cok Sawitri berdasarkan konsep nilai Diane Tillman. Penelitian ini termasuk penelitian deskriptif kualitatif dengan menggunakan pendekatan sosiologi sastra. Data dalam penelitian ini berupa kata, kalimat, atau paragraf yang terdapat dalam novel tersebut. Metode pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah content analysis (analisis isi), melalui interpretasi dan teori. Hasil dalam penelitian ini meliputi: 1) Nilai didaktik yang terdapat dalam novel Sitayana ada dua belas, meliputi: nilai kedamaian, nilai penghargaan, nilai cinta, nilai toleransi, nilai kejujuran, nilai kerendahan hati, nilai kerja sama, nilai kebahagiaan, nilai tanggungjawab, nilai kesederhanaan, dan nilai persatuan. 2) Nilai yang paling dominan dalam novel adalah nilai kejujuran, sebab dalam novel nilai ini sering ditunjukkan oleh para tokoh melalui ucapan dan tingkah lakunya ketika menjalani kehidupannya. Dalam cerita, nilai didaktik ini mendominasi dan mengindikasikan bahwa pengarang sengaja menuliskan cerita dengan tujuan tertentu, yakni memberikan pengajaran pada pembaca selaku masyarakat bahwa dari sekian jumlah nilai didaktik terdapat datu unsur terpenting dalam kehidupan ini, yaitu nilai kejujuran. Kejujuran sangat penting untuk ditanamkan dan dilakukan pada setiap manusia, agar tercipta adanya suatu kedamaian dalam hati.
Kata Kunci: nilai didaktik, Diane Tillman, novel
Didactic value is something that is useful in providing teaching to fellow humans or between individuals and their environment. The Sitayana novel by Cok Sawitri is a novel that contains many didactic values in accordance with the theory expressed by Diane Tillman. Thus, the focus of this research is to describe the didactic value and determine the dominant didactic value in Cok Sawitri's Sitayana novel based on the value concept of Diane Tillman. This research is a qualitative descriptive study using the sociology of literature approach. The data in this study are in the form of words, sentences, or paragraphs contained in the novel. The data collection method used in this research is content analysis, through interpretation and theory. The results of this study include: 1) There are twelve didactic values contained in the Sitayana novel, including: the value of peace, the value of appreciation, the value of love, the value of tolerance, the value of honesty, the value of humility, the value of cooperation, the value of happiness, the value of responsibility, the value of simplicity, and the value of unity. 2) The most dominant value in novels is the value of honesty, because in novels this value is often shown by the characters through their speech and behavior while living their lives. In the story, this didactic value dominates and indicates that the author deliberately wrote the story with a specific purpose, namely to teach the reader as a society that of the many didactic values there is one most important element in this life, namely the value of honesty. Honesty is very important to be instilled and practiced in every human being, in order to create peace in the heart.
Keywords: didactic value, Diane Tillman, novel