KOMPLEKSITAS KALIMAT PERSUASI IKLAN PRODUK DETERGEN (KAJIAN SINTAKTIS)
COMPLEXITY OF PERSUASION SENTENCE ADVERTISING DETERGEN PRODUCTS (SYNTAX STUDY)
Penelitian ini mengkaji penggunaan ragam bahasa pada deskripsi kalimat iklan detergen yang kerap digunakan konsumen untuk membandingkan produk detergen satu dengan yang lainnya. Tujuan peinelitian ini adalah meindeskripsikan kompleksitas bahasa pada satu kalimat berdasarkan; (1) struktur teks, (2) kategori klausa pembentuk teks, (3) jumlah klausa. Data penelitian yang digunakan pada penelitian ini adalah kalimat yang mengalami proses sintaksis pada iklan produk detergen pada media massa. Metode pengumpulani data dalam penelitiani ini menggunakani metode simak dengan teknik catat. Instrumen yang digunakan adalah pedoman dokumentasi serta humman instrument. Metode Agih digunakan dalam menganalisis data dengan menggunakan teknik Immediate Constituent Analysis (ICA) atau teknik pilah unsur langsung. Berdasarkan data sebanyak 65 kalimat iklan, terdapat jenis kalimat tunggal sebanyak 14 ragam pola kalimat dengan kategori klausa di antaranya kalimat berpredikat verbal (taktransitif, ekatransitif, dan dwitransitif); berpredikat adjektival; berpredikat nominal; dan berpredikat frasa preposisional. Juga terdapat jenis kalimat majemuk sebanyak 11 ragam pola kalimat dengan kategori klausa beriupa kalimat imajeimuk setara diani kalimati majeimuk bertingkat.
This study examines the use of various languages in the description of detergent advertisement sentences that are often used by consumers to compare detergent products with one another. The purpose of this research is to describe the complexity of language in one sentence based on; (1) text structure, (2) text-forming clause categories, (3) number of clauses. The research data used in this study are sentences that undergo a syntactic process in detergent product advertisements in the mass media. The method of collecting data in this study used the listening method with the note-taking technique. The instruments used are documentation guidelines and human instruments. Agih method is used in analyzing the data by using Immediate Constituent Analysis (ICA) technique or direct element sorting technique. Based on data of 65 advertising sentences, there are 14 types of single sentences with clause categories including verbal predicated sentences (transitive, ethereal, and dwitransitive); predicated adjective; nominally predicated; and prepositional prepositional phrases. There are also 11 types of compound sentences with clause categories in the form of equivalent compound sentences and multilevel compound sentences.