PENGEMBANGAN INSTRUMEN PENILAIAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS PADA MATERI ZAT ADITIF DAN ADIKTIF
DEVELOPMENT OF AN INSTRUMENT FOR ASSESSING CRITICAL THINKING OF THE ADDITIVE AND ADDICTIVE TOPICS
Penelitian ini merupakan jenis penelitian Research and Development (R&D) yang bertujuan untuk menghasilkan instrumen penilaian kemampuan berpikir kritis pada materi zat aditif dan adiktif yang valid dan reliabel. Teknik pengumpulan data yaitu metode tes berupa tes kemampuan berpikir kritis dengan bentuk soal uraian berjumlah 12 butir soal dan metode angket berupa lembar validasi dan telaah yang ditujukan kepada dosen ahli dan guru IPA. Instrumen tes yang telah dikembangkan, dilakukan uji coba untuk mendapatkan validasi empiris kepada 26 peserta didik SMP Negeri 1 Gresik yang dipilih secara acak. Perolehan data selanjutnya dianalisis menggunakan teknik analisis secara deskriptif kualitatif dan kuantitatif. Hasil analisis data yang telah dilakukan, menunjukkan bahwa instrumen tes yang dikembangkan layak digunakan untuk mengukur keterampilan berpikir kritis peserta didik. Hal ini dibuktikan dari hasil validasi teoritis oleh ahli terhadap instrumen yang dikembangkan memiliki modus bernilai 5 dengan kategori sangat baik. Selain itu, instrumen yang dikembangkan memiliki kriteria valid (rhitung > rtabel) dan memiliki tingkat reliabilitas Cronchbach Alpha yaitu 0,889 dengan kategori sangat tinggi. Bagi peneliti selanjutnya diharapkan bisa mendalami tahap penelitian dan pengembangan hingga akhir, yakni memperluas penyebaran dengan subjek penelitian skala besar. Selain itu, diharapkan dari hasil penelitian ini dapat digunakan sebagai rujukan guru IPA untuk mengukur keterampilan berpikir kritis peserta didik.
Kata Kunci : Instrumen, Berpikir Kritis, Validitas, Reliabilitas
This study was typed of research and development (R&D) which aims to provide valid and reliable instruments for assessing critical thinking skills in additive and addictive matter. The data collection technique used critical thinking skill test method in form of 12 items essay questions and quisionare method in form of validation and analysis sheets aimed at expert lectures and science teacher. The test instrument that has been developed was tested to obtain empirical validation on 26 students of SMP Negeri 1 Gresik who were randomly selected. The obtained data were further analyzed descriptively using qualitative and quantitative analysis techniques. The data analysis results which have been carried out, shows that the developed test instrument is eligible for measuring students critical thinking skill. This is evidenced from the results of the theoretical validation by experts over the developed instrument had a very good categorized mode by 5. In addition, the developed instrument has a valid criteria (rcount > rtable) and highly categorized Cronchbach Alpha reliability level by 0,889. Thus it is expected that the next investigator could explore the research and development stage until the end, namely expanding the distribution with large-scale research subjects. Moreover, it is expected that from this study results might be used as a reference to the science teachers to measure the students critical thinking skills.
Keywords : Instrument, Critical Thinking, Validity, Reliability